Kompas TV nasional sapa indonesia

Pakar: Penilaian Sambo Cerdas dan Putri Sosial Tinggi Tak berkorelasi dengan Perilaku Jahat

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 19:51 WIB
pakar-penilaian-sambo-cerdas-dan-putri-sosial-tinggi-tak-berkorelasi-dengan-perilaku-jahat
Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel saat berbincang di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (22/11/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penilaian ahli Psikologi Forensik terhadap Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo merupakan kondisi umum.

Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel menjelaskan penilaian Sambo cerdas dan Putri memiliki kepribadian dengan nilai sosial yang baik tidak secara definitif ada sangkutannya dengan perilaku jahat manusia.

Reza mencontohkan ada seseorang dengan keperibadian extrovert tidak seluruhnya melakukan kejahatan, begitu juga dengan seseorang dengan kecerdasan tinggi tidak selalu menjadi korban.

Menurutnya, bahasa tingkat kecerdasan atau kondisi kepribadian merupakan temuan bersifat umum yang tidak bisa menjelaskan hubungan mengapa seseorang dengan kondisi kepribadian tersebut menjadi pelaku atau tidak menjadi pelaku. 

Baca Juga: Ahli Psikologi Ungkap Kecerdasan Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo, Ini Hasilnya

Begitu juga mengenai penilaian kepribadian Ferdy Sambo yang bisa marah jika menyinggung harga diri. 

Reza mengatakan, penilaian tersebut harus diuji oleh hakim, semisal apakah tindakan yang mencederai martabat benar ada atau tidak.

Kemudian apakah tindakan provokatif tersebut benar-benar menghilangkan kontrol diri seseorang. Selanjutnya apakah peristiwa provokatif yang menghilangkan kontrol diri memiliki waktu senjang dengan balasan. 

Lalu apakah prilaku itu tercermin atau tidak dalam aspek perencanaan. 

Baca Juga: Peringatan Kremlin: Lebih Banyak Senjata AS ke Ukraina Hanya Akan Memperburuk Perang



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x