Kompas TV nasional hukum

Pertanyakan Kontribusi Putri dalam Pembunuhan Yosua, Rasamala: Harus Dibuktikan Lewat Bukti Konkret

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 05:05 WIB
pertanyakan-kontribusi-putri-dalam-pembunuhan-yosua-rasamala-harus-dibuktikan-lewat-bukti-konkret
Rasamala Aritonang, anggota tim kuasa hukum Ferdy Sambo, mempertanyakan kontribusi Putri Candrawathi dalam peristiwa penembakan Brigadir J. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rasamala Aritonang, anggota tim kuasa hukum Ferdy Sambo, mempertanyakan kontribusi Putri Candrawathi dalam peristiwa penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Menurut Rasamala, berdasarkan fakta sidang di pengadilan kasus tersebut, Putri hanya melaporkan peristiwa dugaan kekerasan seksual yang dialaminya pada Ferdy Sambo.

“Ketika kita bicara soal fakta, karena kalau kita bicara Bu Putri sebagai bagian dari pelaku, kontribusinya apa terhadap peristiwa itu? Itu yang harus dibuktikan lewat fakta-fakta konkret,” kata Rasamala dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (21/12/2022).

“Dari fakta yang tersaji di pengadilan, Bu Putri hanya peristiwa tanggal 7 (Juli 2022), terjadi kekerasan seksual, dia menyampaikan laporan pada Pak Sambo pada tanggal 8 (Juli 2022), saat tiba di Saguling,” lanjutnya.

Setelah itu, lanjut Rasamala, Putri pergi ke kediaman mereka di Duren Tiga.

“Dan terjadilah peristiwa itu, sementara Bu Putri sendiri berada di dalam kamar.”

Baca Juga: Kata Ahli Psikologi Soal Putri Candrawathi Masih Temui Yosua Usai Alami Pelecehan Seksual

“Artinya, dari bukti dan fakta yang disajikan di persidangan, sebenarnya tidak nampak kontribusi apa-apa dalam peristiwa tersebut,” tegasnya.

Rasamala juga menjelaskan, berdasarkan keterangan ahli psikologi forensik, hal yang disampaikan oleh Putri mengenai adanya kekerasan seksual tersebut kredibel.

“Ibu Reni, psikolog forensik, menyampaikan bahwa keterangan yang disampaikan oleh Ibu Putri terkait dengan peristiwa yang terjadi tanggal 7 (Juli 2022) itu kredibel, lewat tujuh ukuran dengan metode multiple yang digunakan untuk melakukan asesmen,” terangnya.

Menjawab pertanyaan pembawa acara Satu Meja The Forum jurnalis senior Budiman Tanuredjo tentang anggapan Putri turut sebagai dalang pembunuhan tersebut, Rasamala menjelaskan tentang pemeriksaan dalam sidang pengadilan.

“Mesti saya clear-kan dulu.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.