Kompas TV internasional kompas dunia

Respons Latihan Militer AS-Korsel, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 07:31 WIB
respons-latihan-militer-as-korsel-korea-utara-tembakkan-rudal-balistik-ke-laut-jepang
Arsip foto yang dirilis pemerintah Korea Utara yang mereka sebut sebagai operasi militer pada 2-5 November 2022 di Korea Utara. Wartawan independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam foto-foto ini. Konten pada foto ini tidak dapat diverifikasi secara independen. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS.TV - Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik ke arah Laut Jepang. Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Menteri Pertahanan Jepang Toshiro Ino pada Jumat (23/12/2022).

Menukil laporan Kyodo, Ino mengatakan setidaknya sebuah rudal telah ditembakkan ke perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang sekitar pukul 16.31 waktu setempat.

Rudal milik Korea Utara itu menempuh jarak sekitar 300 kilometer dan mencapai ketinggian maksimum 50 km, terbang pada lintasan yang tidak teratur.

Ino mengatakan negara pimpinan Kim Jong-un itu telah melakukan tindakan yang mengancam perdamaian dan keselamatan bangsa kita, kawasan ini, serta komunitas internasional.

Di sisi lain, pada hari yang sama Associated Press melaporkan, militer Korea Selatan mendeteksi dua peluncuran rudal dari ibu kota Korea Utara sekitar pukul 16.32 waktu setempat.

Senada dengan Jepang, Korea Selatan menyebut peluncuran rudal balistik itu sebagai tindakan "provokasi serius" yang merusak perdamaian internasional.

Baca Juga: Kabar Terkini Kim Jong Un: Sukses Kembangkan Senjata Baru, Diuji Coba Kamis Kemarin

Aksi Korea Utara diketahui terjadi setelah militer udara Amerika Serikat-Korea Selatan mengadakan latihan di dekat Semenanjung Korea pada Selasa (20/12) lalu.

Mereka mengeklaim, kegiatan uji tembak rudal balistik beberapa bulan terakhir merupakan peringatan atas latihan-latihan gabungan sebelumnya.

Washington dan Seoul mengatakan latihan mereka bersifat defensif, tetapi Korea Utara menyebutnya sebagai praktik invasi.

Baca Juga: Adik Kim Jong-un Ngamuk Satelit Mata-Mata Korea Utara Dihina, Sebut Kritik sebagai Gonggongan Anjing


 



Sumber : Kyodo/AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.