Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Rawit Naik, Tembus 50 Ribu Perkilogram

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 17:12 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Hari natal dan menjelang tahun baru harga cabai rawit di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan. Di pasar tradisional Pagotan misalnya, harga cabai rawit telah tembus 50 ribu rupiah perkilogram.

Jika sebelumnya harga cabai rawit berada di kisaran harga 40 ribu perkilogram, sejak seminggu terakhir ini, naik secara bertahap dan telah tembus harga  48 hingga 50 ribu rupiah perkilogram nya.

Menurut pedagang, meningkatnya permintaan cabai rawit saat menjelang hari raya natal kemarin menjadi faktor kenaikan harga. Apalagi sebentar lagi akan ada momentum pergantian tahun yang biasanya permintaan cabai jenis rawit juga akan kembali meningkat.

Selain faktor permintaan, faktor cuaca ekstrim yang terjadi juga berpengaruh atas kenaikan harga cabai rawit di pasar pagotan. Saat ini, stok cabai rawit dari petani diakui oleh pedagang mengalami penurunan. Penurunan stok cabai rawit diduga karena adanya gagal panen.

Sementara pantauan di pasaran, harga cabai jenis lain seperti jenis merah besar dan merah keriting masih berada di harga yang terbilang stabil antara 28 hingga 33  ribu rupiah per kilogram.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.