Kompas TV regional berita daerah

Jaga Ekosistem, 9 Ekor Ular Dilepas Liarkan Di Hutan

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 17:23 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Untuk menjaga agar ekosistem tetap lestari, sebanyak sembilan ekor ular beragam jenis, dilepas liarkan kembali ke hutan habitatnya, di lereng pegunungan Wilis, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Ular tersebut merupakan hasil rescue tim penyelamat ular serta ular temuan dari warga.

Dengan membawa karung berisi ular, para Relawan Exotic Animal Lover Indonesia ini menyusuri hutan sejauh 10 kilometer, di wilayah lereng pegunungan Wilis, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Mereka akan melepas liarkan sembilan ekor ular dari beragam jenis.

Misi pelepas liaran ular ini, tak lain sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan  ekosistem di alam liar. Sejumlah jenis ular yang dilepas liarkan diantaranya yaitu tujuh ular Sanca Kembang, seekor Kobra Jawa, dan seekor ular Pucuk Hijau.

Ular - ular ini merupakan hasil rescue tim Exalos dari rumah rumah warga, serta ular penyerahan dari warga dan dari pemadam kebakaran. Sebelumnya, ular - ular ini telah dilakukan perawatan beberapa waktu, agar ular yang sebelumnya sakit kembali sehat sebelum dilepas liarkan.

Lokasi hutan di ereng Wilis, dipilih untuk pelepasan ular karena merupakan merupakan habitat ular dan  jauh dari permukiman warga. Saat ini masih ada 12 ular yang dalam perawatan di basecam tim rescue ular, dan rencananya  akan dilepas liarankan dalam waktu dekat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.