Kompas TV religi beranda islami

Doa saat Cuaca Ekstrem dan Ditakutkan Banjir, Diajarkan Rasulullah

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 12:54 WIB
doa-saat-cuaca-ekstrem-dan-ditakutkan-banjir-diajarkan-rasulullah
Ilustrasi cuaca ekstrem. Beriktu ini doa Rasulullah sebagai perlindungan cuaca ekstrem(Sumber: Antaranews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa yang bisa kita amalkan ketika kondisi cuaca ekstrem dan ditakutkan terjadi banjir. Doa cuaca ekstrem ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. 

Dilansir dari NU Online, doa ini dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor kepada beliau mengenai kondisi cuaca yang tidak baik. 

Baca Juga: Bacaan Doa saat Hujan Deras, Diamalkan Agar Terhindar Bencana dan Mendatangkan Keberkahan

Dikisahkan saat itu, Rasulullah diberi laporan, hujan lebat terjadi yang selama sekira enam hari dan membuat masyarakat kehilangan harta benda, serta merusak fasilitas jalan.

Doa Rasululah ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.


 

Sementara saat ini, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Indonesia bakal mengalami cuaca ekstrem dan hujan lebat periode tanggal 28-31 Desember 2022. 

Bahkan, cuaca ekstrem diprediksi bakal terus berlangsugn sampai tanggal 2 Januari 2023, dan mulai mereda mulai tanggal 5-6 Januari. 

Berikut merupakan doa cuaca ekstrem dan doa hujan lebat yang bisa kita amalkan untuk menghindari hal-hal buruk seperti banjir terjadi. 

Doa Diajarkan Rasulullah

Bacaan doa saat turun hujan lebat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Wallahua’lam.



Sumber : Kompas TV/NU Online

BERITA LAINNYA



Close Ads x