Kompas TV religi beranda islami

Doa Akhir Tahun Ajaran Nabi Muhammad, Dibaca agar Hidup Barakah dan Harapan Terkabul

Kompas.tv - 31 Desember 2022, 06:54 WIB
doa-akhir-tahun-ajaran-nabi-muhammad-dibaca-agar-hidup-barakah-dan-harapan-terkabul
Ilustrasi doa. Ini merupakan doa akhrir tahun ajaran Nabi Muhammad  (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa akhir tahun yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Kita bisa mengamalkannya di akhir tahun 2022 menuju pergantian tahun baru 2023. 

Doa ini dipanjatkan ketika penghujung tahun tiba, sebagai amalan agar hidup barakah selalu dan senantiasa dilindungi oleh-Nya. 

Ustaz Alhafiz Kurniawan menerangkan, doa awal tahun ini biasanya dipanjatkan ketika pergantian tahun baru Hijriah, namun bisa juga dibaca saat pergantian tahun Masehi.

Doa akhir tahun ini termaktub dalam kitab Maslakhur Akhyar karya Habib Utsman bin Yahya.

“Doa ini dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir tahun," papar Alhafiz Kurniawan di situs resmi NU, KOMPAS.TV sudah mendapatkan izin mengutipnya.

"Doa akhir tahun ini dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar,” sambungnya. 

Doa ajaran Rasulullah ini berisikan sebagai harapan harapan agar hidup kita menjadi lebih baik dan berakah di tahun mendatang.

Baca Juga: Bacaan Doa agar Anak-anak Kita Dilindungi dari Penyakit, Amalkan 3 Kali Tiap hari

Bacaan Doa Akhir Tahun 

Doa akhir tahun yang diajarkan Rasulullah (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Arab: Allahumma maa ‘amiltu min ‘amalin fii hadzihis sanati ma nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa halumta fiihaa ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubatii, wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jara’atî ‘alaa ma‘shiyatik.

Fa inni astaghfartuka, faghfirlî wa ma ‘amiltu fiiha mimma tardhaa wa wa‘attanî ‘alaihits tsawaaba, fa as aluka an tataqabbala minni wa lâ taqtha‘ rajaa i minka yaa kariim


 

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu.

Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Itulah doa akhir tahun sebagai ikhtiar dan amala agar barakah senantiasa menaungi kita. Amin.

Wallahu a'lam. 

Baca Juga: Bacaan Doa Tolak Bala agar Dihindarkan dari Musibah, Diamalkan Usai Salat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x