Kompas TV internasional kompas dunia

Sambut 2023, Kim Jong-un Tembakkan Rudal ke Timur Semenanjung Korea

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 01:05 WIB
sambut-2023-kim-jong-un-tembakkan-rudal-ke-timur-semenanjung-korea
Ilustrasi. Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan rudal balistik jarak pendek ke lautan pada Minggu (1/1/2023). (Sumber: The New Yorker)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan rudal balistik jarak pendek ke lautan pada Minggu (1/1/2023). Peluncuran ini digelar hanya sehari usai Pyongyang menembakkan tiga rudal balistik jarak pendek.

Menurut laporan Yonhap via France24, rudal balistik ditembakkan dari kawasan Pyongyang dan mendarat di Laut Jepang, perairan timur Semenanjung Korea.

Rezim Kim Jong-un diketahui dua kali menembakkan rudal usai Korea Selatan meluncurkan roket berpropelan padat ke luar angkasa.

Baca Juga: Kim Jong Un Perintahkan Peningkatan Produksi Senjata Nuklir Taktis dan Rudal Antarbenua

Uji roket itu digelar dalam rangka pembuatan infrastruktur surveilans luar angkasa untuk memonitor aktivitas Korea Utara. Peluncuran ini pun dilangsungkan di tengah eskalasi situasi Semenanjung Korea usai Pyongyang dan Seoul saling kirim drone.

Sebelumnya, Korea Utara mengirim drone masuk ke wilayah Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan kemudian meminta maaf kepada warganya karena gagal mengantisipasi drone Korea Utara.

Seoul pun membalas tindakan tersebut dengan ganti mengirim drone ke wilayah udara Korea Utara.

Yang Moo-jin, profesor di Universitas Studi Korea Utara di Seoul, menyebut Kim Jong-un menganggap tindakan peluncuran roket Korea Selatan sebagai tantangan berkompetisi. Pyongyang sendiri diketahui juga tengah mengembangkan satelit pengintai.

"Tujuan peluncuran rudal Korea Utara hari ini adalah merespons (peluncuran) kendaraan luncur luar angkasa berpropelan padat Seoul. Pyongyang kelihatannya berpikir ini suatu kompetisi," kata Yang menanggapi peluncuran tiga rudal balistik Korea Utara pada Sabtu (31/12) lalu.

Baca Juga: Keki Drone Korea Utara Melenggang Masuk, Korea Selatan Anggarkan Rp 7 triliun Senjata Anti Drone


 



Sumber : France24/Yonhap

BERITA LAINNYA



Close Ads x