Kompas TV regional berita daerah

Kisah Satu Keluarga Tinggal di Gubuk Bambu

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 15:43 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi kehidupan keluarga Diko Gani dan Ine Zakaria,warga Desa Botubulowe, Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.

Tak memiliki pekerjaan tetap, membuat keluarga ini tak mampu membeli rumah layak huni sebagaimana kehidupan warga desa lain.

Bermodalkan lahan yang dipinjamkan warga, mereka mendirikan gubuk dari bamboo, berlantaikan tanah dan atap dari bahan bahan bekas.

Di gubuk ini, keluarga Diko tinggal bersama anak dan cucu. total ada 10 orang menempati gubuk berukuran sangat kecil, termasuk dua bayi berumur 8 bulan dan 1 tahun.

Tak jarang saat hujan turun, air hujan menembus atap. Tak ada pilihan lain, keluarga ini hanya bisa pasrah dan bertahan. hasil pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan serabutan, hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

Kondisi memperihatinkan ini, mendapat respon dari pemerintah setempat. Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, keluarga Diko gani menjadi perhatian khusus pemerintah, dan tahun 2023 menjadi perioritas penerimah bantuan bedah rumah.

Dari keterangan Pemerintah Desa, keluarga Diko Gani, sudah satu tahun lebih tinggal di gubuk tersebut, sementara bantuan yang diberikan hanya dari Pemerintah Desa yakni bantuan pangan non tunai bantuan langsung tunai.

 

#gubukbambu

#keluarga

#bantuan

#kabupatengorontalo

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x