Kompas TV video vod

G20 Sukses Digelar, Menko Perekonomian: Deklarasi Bali Sangat Bermanfaat Pulihkan Ekonomi Global!

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 10:37 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Perekonomian Airlangga menyampaikan, Indonesia patut bangga dengan kesuksesan 437 acara G20 di 24 kota di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, ratusan pertemuan bilateral juga merupakan jerih payah dari semua pihak pendukung dengan kinerja luar biasa dari seluruh unsur yang menyiapkan perhelatan G20 Desember lalu.

Dalam sambutannya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, bahwa Deklarasi Bali sangat bermanfaat untuk pemulihan kondisi ekonomi global, dan mengakselerasi perkembangan menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Intip Pengamanan Khusus G20 ala Pasukan Khusus Indonesia

Deklarasi tersebut telah menyepakati sejumlah komitmen strategis dan concrete deliverables, dimana terdapat 226 proyek bersifat multilateral dan 140 proyek matang bersifat bilateral, dengan nilai total 71,5 miliar dollar Amerika Serikat.

Selain itu KTT G20 Bali juga berhasil menyepakati sejumlah komitmen investasi, dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Korea Selatan dan Turki.

Keberhasilan Presidensi G20 menunjukkan bahwa Indonesia mampu menavigasi diplomasi luar negeri yang tidak hanya menguntungkan bagi kepentingan global, namun juga bermanfaat bagi kepentingan domestik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x