Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Heru Persilakan Formula E Tetap Jalan, tapi Jakpro Harus Cari Sponsor, Pemprov DKI Tak Bantu Dana

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 09:09 WIB
heru-persilakan-formula-e-tetap-jalan-tapi-jakpro-harus-cari-sponsor-pemprov-dki-tak-bantu-dana
Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono mempersilakan BUMD DKI, Jakarta Propertindo (Jakpro) mencari sponsor untuk penyelenggaraan ajang balap Formula E. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mempersilakan BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) mencari sponsor untuk penyelenggaraan ajang balap Formula E.

Termasuk, jika Jakpro ingin mencari sponsor ke BUMN untuk Formula E 2023. Jakpro harus mencari sponsor karena Pemprov DKI tidak akan memberikan bantuan pendanaan seperti di era Anies Baswedan.

"Silakan saja, kalau sponsor mau, monggo saja," kata Heru di Balai Kota Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (9/1/2023).

"Itu kan bisnis, bagaimana proposalnya, silakan saja Jakpro," ujarnya.

Heru menyadari Formula E tetap harus digelar, karena sudah kontrak dengan Formula E Operation (FEO) selaku operator sekaligus pemegang lisensi Formula E.

Adapun pelaksanaan Formula E Jakarta dilakukan selama tiga musim, yakni 2022-2024. Keputusan itu adalah hasil renegosiasi dari awalnya lima musim yaitu 2020-2024, akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Pemkot Jakpus Batasi Delman Monas hingga Bundaran HI, Para Kusir Akan Protes ke Heru Budi

Berdasarkan laman Federasi Automobil Internasional (FIA), agenda balapan Formula E Jakarta rencananya diadakan pada 3-4 Juni 2023 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Ajang balap mobil listrik itu diawali di Meksiko pada 13-14 Januari 2023. Terkait sponsor global yang melekat dengan Formula E di antaranya didukung perusahaan bir, jam tangan, perusahaan ekspedisi, maskapai penerbangan hingga perusahaan asuransi global yang tertera pada laman Formula E.

Sedangkan sponsor dalam negeri, pelaksana ajang balap mobil listrik Jakarta 2023 itu belum melakukan penjabaran lebih lanjut.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan JakPro Syachrial Syarif mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan  balap mobil listrik itu.

Pihaknya juga sedang mempelajari penyelenggaraan tahun 2022 untuk memperbaiki pelaksanaan musim 2023.

"Kemudian mengidentifikasi penyusunan tim dan lainnya, yang dimaksudkan untuk mempersiapkan diri Jakpro sebagai penyelenggara dan kemitraan nantinya," tutur Syachrial.

Baca Juga: Ramai Petisi Kembalikan WFH, Heru Budi Serahkan ke Masing-Masing Perusahaan

Di masa Gubernur Anies, Pemprov DKI memang banyak membantu gelaran Formula E. Meski pembangunan sirkuit Formula E diklaim tak menggunakan Anggarapan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, pembayaran commitment fee penyelenggaraan Formula E tetap menggunakan anggaran daerah.



Sumber : Antara, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x