Kompas TV olahraga sepak bola

Kampiun Piala Dunia 2022 Argentina Terancam Sanksi FIFA, Ini Tiga Pelanggaran yang Didakwakan

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 15:45 WIB
kampiun-piala-dunia-2022-argentina-terancam-sanksi-fifa-ini-tiga-pelanggaran-yang-didakwakan
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi, mengangkat trofi Piala Dunia setelah memenangi laga final antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

NYON, KOMPAS.TV - Kampiun Piala Dunia 2022, Timnas Argentina, terancam mendapatkan sanksi dari FIFA. 

Dikutip dari laman web resmi FIFA, Argentina didakwa membuat tiga pelanggaran dalam pertandingan final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. 

Tiga pelanggaran yang didakwakan FIFA antara lain soal perilaku ofensif dan pelanggaran fair play, pelanggaran pemain dan ofisial, serta pelanggaran aturan pemasaran dan media. 

"Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina karena potensi pelanggaran pasal 11 (perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip fair play) dan 12 (pelanggaran pemain dan ofisial) dari Kode Disiplin FIFA," tulis FIFA, Jumat (13/1/2022).

Baca Juga: Menteri Prancis Minta FIFA Lakukan Penyelidikan sol Ejekan Argentina kepada Kylian Mbappe

"Serta pasal 44 Peraturan Piala Dunia FIFA Qatar 2022™ sehubungan dengan Peraturan Media dan Pemasaran untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, saat babak final antara Argentina vs Prancis."

Dilansir BBC, investigasi akan segera dilakukan FIFA. Sementara Argentina diberikan hak memberikan respons atas dakwaan ini. 

Selain Argentina, FIFA juga memberikan sanksi kepada Ekuador, Meksiko, dan Kroasia. 

Baca Juga: FIFA Rilis Nominasi Pemain Terbaik 2022, Ada Messi Hingga Mbappe

Ekuador mendapatkan sanksi 20 ribu Swiss Franc karena ulah suporternya. Meksiko didenda 100 Swiss Franc dan satu laga FIFA Matchday tanpa penonton berkat ulah nyanyian suporternya di laga Piala Dunia 2022 kontra Polandia dan Arab Saudi. 

Sementara Kroasia disebut membuat pelanggaran terkait diskriminasi serta ketertiban dan keamanan pertandingan.

Seperti diketahui, Argentina menjadi kampiun Piala Dunia 2022 usai mengalahkan juara bertahan Prancis lewat babak adu penalti, usai bermain imbang 3-3 pada waktu normal dan dua kali babak tambahan. 


 



Sumber : Kompas TV/fifa.com/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.