Kompas TV regional gaya hidup

Makna Desa yang Menginspirasi Singgih Susilo

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 12:00 WIB
makna-desa-yang-menginspirasi-singgih-susilo
Singgih Susilo memaknai desa sebagai sumber inspirasi untuk karya-karyanya. (Sumber: Freepik/rahmadhimawan)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat mendengar kata desa, pasti kita membayangkan tempat yang damai dan tentram. Di sana, penduduknya hidup berdampingan secara harmonis tanpa mengkhawatirkan kehidupan.

Begitu pula dengan Singgih Susilo, Pencipta Radio Kayu Magno dan Spedagi Bamboo Bike. Dalam siniar Beginu bertajuk "Singgih Susilo, Gali Inspirasi Dari Desa" dengan tautan akses dik.si/BeginuSinggihP1, ia memaparkan bagaimana desa mampu menginspirasinya.

Desa sebagai Tempat Magis untuk Gali Inspirasi

Bagi Singgih, desa bukan hanya tempat tinggal saja melainkan juga wadah untuk menggali inspirasi dan potensi. Ia pun mengungkapkan ketertarikan awalnya terhadap desa yang bermula saat dirinya berada dalam periode akhir mahasiswa.

“Karena punya teman-teman seperti itu. Ada dosen juga yang memapari juga dengan beberapa buku,” pungkasnya. Dari situ, Singgih bahkan berpikir kalau ia juga termasuk di dalam elemen desa, yaitu masyarakatnya.

Ketertarikannya itu pun membuat Singgih menghubungkan hal-hal yang dibaca dan kondisi yang dilihat melalui perubahan-perubahan yang terjadi. Di sinilah jiwa kreativitas Singgih diuji. Kebetulan, Singgih senang mengutak-atik barang dan hobi ini telah ditekuni sejak SMP.

Baca Juga: Bagaimana Tantangan Perempuan dalam Berkarier di Industri STEM?

Kebetulan inilah yang membantu Singgih dalam mengembangkan produk karya seninya. Bahkan, kegiatan ini kerap ia lakukan di luar jam kuliah. Semakin lama menekuni, pria ini pun semakin melihat potensi alam, manusia, dan budaya Indonesia yang luar biasa.

Meski begitu, kita juga tak bisa memungkiri bahwa teknologi perlahan mulai menggerus nilai-nilai tradisional yang juga merupakan bagian dari desa. Namun, Singgih memanfaatkan ini, Memiliki peluang untuk digabungkan dengan material nonkonvensial; plastik dan metal.”

Kemudahan Jalan Singgih Mendapat Inspirasi

Sebelum mampu mengeksekusi dengan matang ide-idenya, ia bertemu dengan seorang konsultan yang menggeluti kerajinan bernama Pak Surya. Singgih menuturkan sang konsultan telah memegang proyek yang karyanya dipajang di MoMA (Museum of Modern Art). 

Pak Surya mengajarkan Singgih bagaimana cara membuat produk kerajinan yang berkualitas dan diminati banyak orang. Keingintahuannya yang tinggi membuat Singgih kembali mempelajari bidang kerajinan ini meski dirinya telah berhasil lulus.

Sayangnya, industri seni kerajinan masih minim peminatnya di Indonesia. Konsep ciamik yang dimiliki Pak Surya tak sebanding dengan respons baik industri. Pendek kata, industri kolaps pun menghentikannya. 

“Karena gak ada model yang hidup. Jadi, saya bilang ke Pak Surya, bikin di tempat saya, Pak,” tutur Singgih. Ucapannya itu pun perlahan menjadi kenyataan karena perlahan ia kembali menghidupkan industri kerajinan.

Baca Juga: Vintage Music Store: Hasilkan Cuan dari Alat Musik Lama

Akhirnya, saat Singgih memulai bisnis ini bersama rekannya, ia harus memulai dari nol. Pada saat itu, industri ini memiliki peminat tinggi dari kolektor luar. Sayangnya, kondisi perekonomian negara tak mampu mendukungnya. Pasalnya, saat itu, dolar hanya bernilai Rp2.500 saja.

Keinginan Singgih Menjadi Seorang Independen

Ternyata, Singgih merasa ia terjebak pada bisnis itu karena tak mampu merealisasikan keinginannya untuk mengangkat desa. Ia pun akhirnya memutuskan untuk keluar karena menganggap ia bukanlah seorang perencana. Singgih mendefinisikan hidupnya sebagai air yang mengalir.

“Saya merasa bukan orang yang berkembang jika harus melakukan argumentasi. Ternyata saya membutuhkan tempat dan wadah sendiri. Kalau diseriusi, desa bisa membantu kita menghasilkan karya. Namun, memang timbal baliknya ke desa tak bisa langsung terjadi,” jelasnya.

Dengarkan kisah inspiratif Singgih Susilo dan bagaimana pandangannya terhadap kehidupan di desa melalui siniar Beginu episode "Singgih Susilo, Gali Inspirasi Dari Desa" dengan tautan akses dik.si/BeginuSinggihP1 di Spotify.

Di sana, ada banyak kisah dari para tokoh inspiratif yang mampu memberikan pengetahuan baru untuk hidupmu. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti siniar Beginu agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya!

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x