Kompas TV tekno internet

Yuk Bikin Nada Dering WhatsApp Sendiri Lewat Fitur Sound of Text

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 18:13 WIB
yuk-bikin-nada-dering-whatsapp-sendiri-lewat-fitur-sound-of-text
Ilustrasi pesan teks yang masuk ke telepon genggam/ponsel/handphone. (Sumber: Clique Images on Unsplash)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp (WA) memberikan opsi bagi penggunanya untuk mengatur nada dering ponselnya. Situs web Sound of Text dapat digunakan pengguna untuk membuat nada dering sendiri.

Situs web Sound of Text dapat memungkinkan pengguna untuk menulis teks dengan panjang kurang lebih 200 karakter. Setelah teks ditulis, Sound of Text akan mengonversi tulisan tersebut menjadi sebuah audio.

Sound of text menyediakan pilihan bahasa, termasuk bahasa Indonesia, yang dapat dipakai sebagai pelafal teks dalam audio.

Audio yang dihasilkan dari situs web Sound of Text dapat digunakan pengguna untuk membuat nada dering sendiri.

Membuat nada dering sendiri juga menjadi ajang untuk lebih memoles notifikasi pesan agar lebih menarik. Jadi, ketika ada notifikasi masuk, nada dering dari ponsel pengguna akan berbeda dengan ponsel lain.

Baca Juga: Cara Setting Proxy WhatsApp di Android dan iPhone, untuk Kirim dan Terima Pesan Tanpa Internet

Lantas bagaimana cara menggunakan Sound of Text untuk membuat nada dering WA?

Pertama, pengguna dapat mengunjungi situs web soundoftext.com lewat browser. Setelah itu, masukkan teks di kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya, pilih suara dengan bahasa Indonesia dan klik opsi Submit. Pengguna kemudian dapat menunggu beberapa saat hingga situs web mengonversi teks menjadi audio. Lalu, file audio dapat diunduh pengguna dengan meng-klik opsi Download.

Sementara untuk mengganti nada dering WA dengan audio dari Sound of Text, pengguna dapat membuka aplikasi itu terlebih dahulu. Pada halaman chat, ketuk tiga titik di pojok kanan atas.

Setelah itu, pilih menu Setelan. Kemudian masuk ke bagian notifikasi. Lalu pilih nada dering yang dibuat dari situs web Sound of Text di folder tempat file tersebut disimpan.

Baca Juga: WhatsApp Group Kini Ada Foto Profil Anggota, Jadi Cepat Tahu Siapa Pengirim Pesan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.