Kompas TV tekno internet

Cara Mengunci Smartphone Anak dari Jarak Jauh Lewat Fitur Find My Device

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 13:00 WIB
cara-mengunci-smartphone-anak-dari-jarak-jauh-lewat-fitur-find-my-device
Ilustrasi memegang handphone (Sumber: Paxel/Daria)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian anak-anak kerap terlalu asyik bermain smartphone hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Fitur Find My Device bisa digunakan para orang tua untuk mengunci Handphone (HP) anak dari jarak jauh.

Bukan tanpa alasan sebagian anak-anak rela menghabiskan waktu berlama-lama di depan layar smartphone. Banyaknya fitur yang tersedia seperti game online hingga sosial media kerap membuat sang anak sulit dikendalikan dalam mengakses smartphone.

Tentunya hal ini kerap menjadi perhatian serius bagi orang tua. Para orang tua perlu menerapkan strategi pembatasan bermain smartphone untuk anak. Agar anak-anak dapat terhindar dari potensi kecanduan bermain smartphone.

Fitur Find My Device yang berfungsi sebagai alat pelacak smartphone hilang, bisa juga digunakan untuk mengunci HP anak dari jarak jauh.

Meski demikian, sebelum menggunakan fitur Find My Device, para orang tua patut memastikan akses ke akun Google yang terhubung dengan smartphone anak sudah diketahui oleh keluarga.

Setelah itu, memastikan fitur Find My Device yang terhubung ke smartphone anak sudah aktif. Agar orang tua dapat mengunci smartphone anak dari jarak jauh.

Baca Juga: Cara Melacak Smartphone Hilang Melalui Fitur Find My Device

Lantas bagaimana cara orang tua mengunci smartphone anak dari jarak jauh?

Pertama, orang tua dapat mengakses situs Find My Device melalui tautan https://www.google.com/android/find. Selanjutnya, Log In ke akun Google yang terhubung pada smartphone anak.

Setelah itu, akan muncul tiga fitur untuk menemukan dan mengamankan smartphone seperti Play Sound, Secure Device dan Erase Device.

Apabila pengguna ingin mengunci smartphone dari jarak jauh lantaran anak pilih Secure Device

Masukan kata sandi yang diinginkan. Lalu klik Secure Device dan ponsel berhasil dikunci.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x