Kompas TV entertainment seni budaya

Google Rilis Doodle, Permainan Puzzle dan Lomba Balap Kayangan untuk Rayakan Imlek 2023

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 09:01 WIB
google-rilis-doodle-permainan-puzzle-dan-lomba-balap-kayangan-untuk-rayakan-imlek-2023
Google Doodle hari ini, Minggu (22/1/2021) untuk merayakan Lunar New Year atau Imlek 2023. (Sumber: Google)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Google Doodle hari ini, Minggu (22/1/2023) untuk merayakan Lunar New Year atau Tahun Baru Imlek 2023. Anda bisa melihatnya saat membuka laman pencarian tersebut.

Google Doodle Imlek 2023 ini dibuat oleh ilustrator Celine You dari kertas untuk menghormati pemotongan kertas Cina (Jianzhi).

Bentuknya seperti Kelinci melompat karena tahun 2023 menandai Tahun Kelinci Air, yang diasosiasikan dengan kedamaian dan kemakmuran.

Warna merah tetap menjadi bagian penting dari perayaan Imlek karena tradisi yang turun temurun. Selain itu ada pula warna hijau, biru dan merah muda sebagai warna keberuntungan tahun ini.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Imlek di China dan Indonesia, Ada Bagi-bagi Angpau hingga Lampion

Tradisi festival Tahun Baru Imlek berasal dari legenda ribuan tahun lalu. Binatang mitos bernama Nian diketahui muncul setiap malam dan meneror orang dan ternak. 

"Suara keras, warna merah dan api membuat Nian takut, jadi sudah menjadi tradisi bagi keluarga untuk mendekorasi pintu mereka dengan kertas merah, menyalakan kembang api, dan membiarkan lentera menyala sepanjang malam," tulis Google.

Selain tradisi dekorasi, makanan tradisional juga populer selama perayaan Imlek, misalnya, kue tar nanas dan yusheng (hidangan dengan ikan mentah dan salad) adalah makanan pokok di Singapura dan Malaysia.

Sedangkan masyarakat di Vietnam menikmati bánh ch ng (kue beras yang terbuat dari kacang hijau, daging babi, dan bahan lain yang dibungkus dengan daun bambu).


 

Mainan khusus saat Imlek

Tidak hanya Doodle, Google juga merancang permainan khusus untuk merayakan Tahun Baru China 2023 seperti Puzzle dan Balap Kayangan.

Caranya, kunjungi tautan berikut dan kemudian pilih bagian Pesta Puzzle. Setelah itu, klik gambar yang ingin dibuat Puzzle. Anda juga bisa memilih level kesulitas dari mudah, sedang hingga tersulit.

Baca Juga: Imlek 2023, Layanan SIM Keliling Jakarta Hari Ini Tetap Beroperasi: Cek Jadwal dan Lokasinya

Bukan hanya itu saja, Google juga menyediakan Lomba Balap Kayangan yang memberikan grafik menarik mengenai asal-usul 12 shio dalam zodiak China.

Anda hanya perlu mengklik bulatan yang ada di gambar dan membaca keterangan yang muncul.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.