Kompas TV regional sosial

Peduli Gempa Cianjur, Kompas Gramedia melalui AkuBaca Donasikan Buku di Pengungsian

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 03:35 WIB
peduli-gempa-cianjur-kompas-gramedia-melalui-akubaca-donasikan-buku-di-pengungsian
Penyerahan AkuBaca Kompas Gramedia oleh Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Murtanih kepada perwakilan warga. (Sumber: Corp.Comm Kompas Gramedia/Mochamad Ardiyanto)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIANJUR, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan M 5,9 mengguncang Kota Cianjur dan sekitarnya pada 21 November 2022. Dampak yang timbul akibat terjadinya gempa bumi di Cianjur tidak hanya infrastruktur berupa bangunan tetapi juga berdampak terhadap kondisi mental masyarakat terutama anak-anak. 

Selain logistik, bantuan berupa penguatan mental/trauma healing kepada anak-anak yang terdampak sangat dibutuhkan di lokasi pengungsian.

Berangkat dari hal tersebut, Kompas Gramedia melalui program Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca berinisiatif memberikan bantuan donasi buku kepada anak-anak di lokasi pengungsian Kampung Sedong Kulon, RT 02/RW 22, Desa Bojong Herang, Kecamatan Cianjur Kota (21/01/2023).

Donasi buku untuk anak-anak korban gempa Cianjur juga disampaikan oleh Penerbit Buku Kompas (PBK).

Baca Juga: DKK Salurkan Donasi Buku #AkuBaca untuk Pemulihan Sekolah Pasca-Bencana

Tak hanya berbagi buku, Tim AkuBaca juga menyelenggarakan kegiatan mendongeng untuk memberi penghiburan kepada anak-anak tersebut.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Ketua RT 02/RW 22 Kampung Sedong Kulon Yayan.

“Saya mewakili masyarakat di sini mengucapkan terima kasih atas kiriman buku-buku dari Kompas Gramedia yang mana buku ini sangat membantu dan menghibur anak-anak kami di sini, mereka jadi punya kegiatan yang cukup baik, bisa membaca dan menambah ilmu,” Ucap Ketua RT 02/RW 22 Kampung Sedong Kulon Yayan.

Kegiatan mendongeng dimeriahkan dengan pembagian boneka oleh Kompas Gramedia Adventure (KGA), komunitas karyawan KG pencinta alam. Boneka yang dibagikan merupakan hasil donasi karyawan KG yang digalang oleh tim KGA.

Dalam kesempatan yang sama, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) bersama Gitaris Indonesia turut  menyalurkan bantuan logistik kepada penyintas korban gempa bumi Cianjur yang masih tinggal di lokasi pengungsian. 

Bantuan logistik disalurkan di dua titik, yaitu Kampung Sedong Kulon, RT 02/RW 22, Desa Bojong Herang, Kecamatan Cianjur Kota dan Desa Ciwelan, Kecamatan Warungkondang, Kampung Cibinong.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Kompas Gramedia Berkontribusi dalam Pemberian Bantuan Logistik

Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto menyampaikan rangkaian kegiatan ini berangkat dari rasa kepedulian Kompas Gramedia terhadap para penyintas bencana gempa bumi di Cianjur. Unit bisnis maupun karyawan menunjukkan kepedulian kepada para penyintas gempa melalui kontribusi masing-masing. 

Mochamad Ardiyanto berharap kondisi di Cianjur segera pulih dan masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan aman dan nyaman.

“Kami melihat di lokasi pengungsian banyak anak-anak yang terdampak gempa bumi Cianjur, tidak hanya logistik yang dibutuhkan di lokasi tetapi juga anak-anak perlu dibantu untuk memulihkan rasa trauma mereka terhadap apa yang baru menimpa mereka." 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan mendongeng dan donasi buku-buku bacaan dari Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca, dapat memberikan dukungan kepada anak-anak di pengungsian agar mereka mampu bangkit dari kesedihan,” ucap Mochamad Ardiyanto.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x