Kompas TV nasional politik

Kaesang Jadi Rebutan Parpol, Pengamat Politik: karena Dia Anak Presiden Jokowi

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 19:44 WIB
kaesang-jadi-rebutan-parpol-pengamat-politik-karena-dia-anak-presiden-jokowi
Kaesang Pangarep jadi rebutan partai politik usai disebut ingin terjun ke dunia politik. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menanggapi banyaknya partai politik (parpol) yang mendukung putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang ingin terjun ke dunia politik.

Sejumlah parpol, mulai PKB, PPP, PAN, NasDem, hingga Gerindra ramai-ramai menggelar karpet merah untuk Kaesang Pangarep jika ingin bergabung dengan partai mereka. 

Baca Juga: Kaesang Ingin Masuk Politik, PKB Beri Karpet Merah: Dia Anak Muda yang Potensial dan Populer

Adi Prayitno menilai, alasan partai politik tertarik dengan Kaesang bukan semata-mata karena popularitas Kaesang di kalangan anak muda atau bukan karena sosoknya sebagai pengusaha muda yang sukses.

“Satu-satunya variabel yang memungkinkan kenapa begitu banyak partai politik yang mengapresiasi, karena Mas Kaesang ini adalah anak presiden yang saat ini berkuasa,” kata Adi dalam Kompas Petang, Kamis (26/1/2023).

“Karena banyak juga anak muda yang terjun ke politik, pengusaha muda sukses, populer, pesohor di medsos, tapi partai politik tidak menyambut baik,” sambung dia.

Baca Juga: Gerindra Bingung Anak Presiden Diributkan Masuk Parpol, Karpet Merah untuk Kaesang dari Golkar

Menurut Adi, jika Kaesang masuk parpol, maka parpol tersebut akan mendapatkan insentif politik elektoral. Dia bahkan memastikan, suami Erina Gudono itu sudah mengantongi tiket kemenangan jika bertanding di pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan legislatif (pileg).

Lebih lanjut, Kaesang juga mampu mendongkrak elektabilitas partai politik pada pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang.

“Kalau Mas Kaesang maju, semua instrumen politik kekuasaan akan mendukung, partai-partai akan berlabuh, mesin partai akan bekerja secara maksimal, begitu pun dengan kelompok-kelompok yang selama ini tidak terafiliasi dengan partai mana pun itu akan mendukung Kaesang untuk maju dan menjadi pejabat publik,” jelasnya.

Baca Juga: Partai Demokrat Buka Pintu Jika Kaesang Pangarep ingin Bergabung

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjelaskan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. 

Gibran mengatakan, Kaesang mengungkapkan keinginan untuk terjun ke dunia politik secara langsung kepada ayahnya, Jokowi.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1).


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x