Kompas TV internasional kompas dunia

Selamatkan 500 Warga Afghanistan, JK Rowling dan Sosok ala Schindler's List Ini Jadi Pahlawan

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 18:08 WIB
selamatkan-500-warga-afghanistan-jk-rowling-dan-sosok-ala-schindler-s-list-ini-jadi-pahlawan
Baron Michael Hintze dilabeli pahlawan setelah menyelamatkan 500 warga Afghanistan yang masuk daftar pembunuhan Taliban. (Sumber: Financial Times)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Menteri Keamanan Inggris, Tom Tugendhat memuji seorang anggota House of Lord atau Dewan Bangsawan Inggris sebagai pahlawan.

Pujian itu muncul setelah terungkap ia menyelamatkan 500 warga Afghanistan dari daftar pembunuhan Taliban.

Tugendhat memuji Baron Michael Hintze yang kemudian diketahui telah melakukan penyelamatan itu setelah Taliban kembali berkuasa Agustus 2021 lalu.

Filantropis miliuner itu diketahui membiayai kepergian 500 orang tersebut untuk keluar dari Afghanistan.

Baca Juga: Tertimpa Toilet Hidrolik, Pekerja di Inggris Tewas di Tempat

Upaya Hintze itu mendapatkan bantuan dari pengacara hak asasi manusia (HAM) dan perwakilan Partai Buruh, Baroness Helena Kennedy.

“Banyak orang yang melakukan penyelamatan terhadap warga Afghanistan yang kabur untuk hidup mereka,” cuit Tugendhat di Twitter dikutip dari Express, Jumat (27/1/2023).

“Beberapa bahkan melakukan lebih dari yang diperlukan. Anggota baru Lord Hintze membayar 500 penerbangan untuk menyelamatkan orang-orang dari daftar pembunuhan Taliban,” lanjutnya.

Selain Tugendhat, anggota Dewan Bangsawan -- majelis tinggi parlemen Inggris -- Baron David Alton juga memberikan pujian kepada Hintze.



Sumber : Express


BERITA LAINNYA



Close Ads x