Kompas TV entertainment lifestyle

Marie Kondo, Sang Decluttering Queen Ngaku Rumahnya Berantakan

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 17:04 WIB
marie-kondo-sang-decluttering-queen-ngaku-rumahnya-berantakan
Marie Kondo. (Sumber: Instagram/@mariekondo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Marie Kondo, decluttering queen, sosok yang dikenal sebagai perempuan yang kerap mengampanyekan pentingnya memilah barang-barang yang tidak terpakai dan rumah yang rapi, kini mengaku tempat tinggalnya berantakan.

Pernyataan itu disampaikan dalam webinar terbarunya yang mempromosikan bukunya, Marie Kondo’s Kurashi at Home: How to Organize Your Space and Achieve Your Ideal Life.

“Rumah saya berantakan, tapi caraku menghabiskan waktu adalah cara terbaik untuk saya saat ini,” kata Marie Kondo dalam webinar tersebut, seperti dikutip dari Variety.

Hal itu sontak membuat penggemarnya syok.

Baca Juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk, Bantu Cegah Penyakit DBD

Kondo bilang, dia masih menjadi decluttering queen yang profesional dan berusaha untuk menjaga rumahnya tetap rapi. Namun, dia agak menyerah akhir-akhir ini setelah melahirkan anak ketiganya.

“Sekarang saya menyadari yang penting bagi saya adalah menikmati menghabiskan waktu bersama anak-anak saya di rumah.”

Kondo menjadi terkenal sejak 2019 melalui serial Netflix. Dalam reality series tersebut, Kondo membantu orang-orang merapikan rumah mereka yang berantakan dan memilah barang yang tidak terpakai.

Kondo juga menjelaskan prinsip decluttering atau memilah, berkaitan dengan kesehatan mental, berguna untuk mengontrol dan mengurangi stres. Dia juga mengenalkan gaya hidup ala Jepang dan minimalis. 

Baca Juga: Moncer! Ini Bisnis yang Diprediksi Paling Cuan di Tahun Kelinci Air 2023

Dalam buku terbarunya, Kondo mengenalkan konsep kurashi atau jalan hidup. Menurutnya, itu adalah cara yang sederhana untuk menjadi tenang dan bahagia setiap hati. Salah satu caranya adalah dengan merapikan rumah.

“Merapikan rumah berarti menghadapi segala sesuatu dalam hidupmu,” tulis Kondo dalam bukunya.

Dia mengajak orang-orang untuk menciptakan ritme dan rutinitas mereka untuk menjadi bahagia. Dia juga menawarkan lebih dari 125 contoh foto untuk menginspirasi pembacanya.


 



Sumber : Variety

BERITA LAINNYA



Close Ads x