Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Jet Tempur Angkatan Udara India Bertabrakan di Udara, Seorang Pilot Tewas

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 17:02 WIB
dua-jet-tempur-angkatan-udara-india-bertabrakan-di-udara-seorang-pilot-tewas
Su-30 MKI India. Dua jet tempur Angkatan Udara India jatuh hari Sabtu (28/1/2023) menewaskan satu pilot, dalam tabrakan di udara saat melakukan latihan di selatan ibu kota New Delhi. Kecelakaan itu melibatkan Sukhoi Su-30 buatan Rusia, yang membawa dua pilot, dan Mirage 2000 buatan Prancis, yang dioperasikan oleh seorang pilot. (Sumber: Wikimedia Commons/Alan Wilson)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Dua jet tempur Angkatan Udara India jatuh usai bertabrakan di udara saat melakukan latihan di selatan ibu kota New Delhi, Sabtu (28/1/2023). Insiden itu menewaskan seorang pilot.

Kecelakaan itu melibatkan Sukhoi Su-30 buatan Rusia, yang membawa dua pilot, dan Mirage 2000 buatan Prancis, yang dioperasikan oleh seorang pilot.

Seperti laporan France24, Sabtu (28/1), Kedua jet tempur itu lepas landas pada pagi hari dari pangkalan udara Gwalior, sekitar 50 kilometer sebelah timur dari tempat mereka jatuh.

"Pesawat itu dalam misi pelatihan terbang operasional rutin," kata angkatan udara (AU) negara itu dalam sebuah pernyataan. Pihak AU India menambahkan, seorang dari tiga pilot yang terlibat dalam kecelakaan itu menderita luka fatal.

Investigasi sedang dilakukan untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

Petugas polisi Dharmender Gaur mengatakan kepada AFP dari lokasi kecelakaan bahwa pilot lain ditemukan hidup, tetapi terluka, di hutan Padargarh, sekitar 300 kilometer dari titik dua jet tempur itu bertabrakan di udara.

"Kami menemukan reruntuhan salah satu pesawat," kata petugas itu. "Pesawat lain kemungkinan jatuh lebih jauh dari lokasi dan kami telah mengirim tim untuk menemukannya."

Otoritas setempat mendapat instruksi untuk membantu pekerjaan penyelamatan dan bantuan angkatan udara, kata Ketua Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan di Twitter.

"Saya berdoa kepada Tuhan agar pilot pesawat selamat," tambahnya.

Baca Juga: Satu Persen Orang Kaya India Kuasai 40 Persen Total Kekayaan Negara Itu, 350 Juta Orang Kelaparan

Mirage 2000 India. Dua jet tempur Angkatan Udara India jatuh hari Sabtu, (28/1/2023) menewaskan satu pilot, dalam tabrakan di udara saat melakukan latihan di selatan ibu kota New Delhi. Kecelakaan itu melibatkan Sukhoi Su-30 buatan Rusia, yang membawa dua pilot, dan Mirage 2000 buatan Prancis, yang dioperasikan oleh seorang pilot. (Sumber: EurAsian Times)


Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x