Kompas TV nasional hukum

Kompolnas Sudah Dalami Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Malah Jadi Tersangka, Ini Hasilnya

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 00:01 WIB
kompolnas-sudah-dalami-kasus-mahasiswa-ui-tewas-ditabrak-malah-jadi-tersangka-ini-hasilnya
Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto saat menyampaikan keterangan dalam program Kompas Petang Kompas TV, Minggu (16/10/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah meminta penjelasan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait kasus kecelakaan yang mengakibatkan Muhammad Hasya Atallah Saputra, mahasiswa UI meninggal dunia. 

Kasus ini menjadi sorotan publik lantaran korban ditetapkan sebagai tersangka. Adapun pihak penabrak yakni penabrak pensiunan polisi AKBP (Purn) Eko Setia BW.

Ketua Harian Kompolnas Benny Josua Mamoto menjelaskan hasil pendalaman Kompolnas, penanganan kasus tersebut dilakukan sesuai prosedur. 

Ada 12 saksi yang dimintai keterangan terkait kasus kecelakaan yang menewaskan Hasya, termasuk ahli pidana.

Baca Juga: Komentar Mahfud MD Soal Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI Ditabrak Jadi Tersangka: Tanya Sama Polisi!

"Kesimpulannya adalah kepada pihak pensiunan anggota Polri tidak memenuhi unsur untuk ditetapkan sebagai tersangka," ujar Benny dalam video yang diterima KOMPAS TV, Sabtu (28/1/2023).

Benny menambahkan Kompolnas juga meminta agar Ditlantas Polda Metro mengundang pengacara keluarga korban untuk menjelaskan secara transparan proses penyelidikan dan penyidikan.

Diharapkan dari pertemuan tersebut hal simpang siur bisa diklarifikasi berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

Termasuk hasil keterangan dan hasil olah tempat kejadian perkara.

Baca Juga: Polisi Beri Penjelasan Status "Tersangka" Mahasiswa UI yang Tewas Kecelakaan, Begini Katanya...

"Diharapkan dengan keterbukaan tersebut maka masalah ini tidak menjadi berkembang isu-isu liar yang justru kontra produktif. Kata kuncinya adalah komunikasi yang baik dengan pihak keluarga dan transparansi," ujar Benny.

Kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI Muhammad Hasya Atallah Saputra terjadi pada 6 Oktober 2022 di Jagakarsa, Jakarta Selatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.