Kompas TV regional agama

Pemerintah Gencar Vaksinasi Pmk Hewan Ternak

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 16:23 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BARRU, KOMAS.TV - Kementerian pertanian resmi memulai vaksin penyakit mulut dan gigi bagi hewan ternak di kabupaten BARRU. Kementan menyiapkan 35 juta dosis vaksin pmk untuk hewan ternak di tanah air.

Vaksin pengendalian dan penanggulangan pmk nasional 2023 digulirkan kementerian pertanian di kecamatan tanenerilau  kabupaten barru Sulawesi Selatan. Pengendalian penyakit mulut dan kuku juga  di ikuti 29 provinsi secara daring.

Menteri pertanian  syahrul yasin limpo  melakukan penandaan dan vaksinasi pada 100 ternak sapi di kabupaten barru. Sebanyak 35 juta 800 dosis vaksin pmk disediakan dan akan disalurkan ke daerah yang berpotensi terjangkit pmk. Ternak sapi yang sudah di vaksin  diberi label berupa barcode penanda. Bantuan vaksin pmk  obat-obatan  desinfektan  juga diserahkan ke peternak sapi di 8 kabupaten kota di sulawesi selatan.

Realisasi vaksin pmk  pada 2022 lalu mencapai 9 koma 3 juta dosis vaksin. Hingga januari 2023  kementan mencatat 11 dari 29 provinsi sudah zero case atau tidak ditemukan kasus pmk. Pemerintah juga akan memberi ganti rugi 10 juta rupiah bagi peternak yang hewan ternaknya mati karena PMK.


#pmk
#pertanian
#subsidi



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x