Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Lakoni 2 Laga FIFA Mathcday pada Maret, PSSI: Lawannya Sekelas Curacao

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 07:15 WIB
timnas-indonesia-lakoni-2-laga-fifa-mathcday-pada-maret-pssi-lawannya-sekelas-curacao
Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Timnas Filipina dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan FIFA Matchday pada rentang 20-28 Maret 2023. 

Lebih lanjut, Indra Sjafri juga menjelaskan bahwa calon lawan Indonesia merupakan tim selevel macam Timnas Curacao. 

"Lawannya adalah hasil diskusi saya dengan pelatih Shin Tae-yong. Tidak akan jauh berbeda dari tim sekelas Curacao," kata Indra di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (30/1/2023), dikutip dari Antara. 

Seperti diketahui, pada September 2022 silam, Timnas Indonesia dua kali menghadapi Curacao di laga FIFA Matchday. Skuad Garuda arahan Shin Tae-yong menang dua kali dengan skor 2-1, dan 3-2. 

Baca Juga: Sekjen PSSI Pastikan Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia hingga Kontrak Habis

Padahal, saat itu Curacao merupakan tim yang menempati peringkat 84 FIFA, sedangkan Indonesia di urutan ke-155. 

Singkatnya, Indonesia akan kembali menghadapi negara-negara ranking 80-an. 


 

Meski demikian, Indra Sjafri masih enggan memberi informasi mengenai siapa calon lawan Timnas Indonesia Maret mendatang. 

"Sabar saja," kata Indra menegaskan.

Baca Juga: Daftar 30 Pemain Timnas U20 untuk Piala Asia 2023, Marselino Ferdinan Termasuk

Lebih lanjut, Indra juga menjelaskan Timnas Indonesia siap bermain tandang, apabila tidak memungkinkan melangsungkan laga di Indonesia. 

"Kami berusaha digelar di Indonesia karena kami juga ingin memberikan hiburan (kepada masyarakat-red). Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan, jika ada lawan yang mengajak, kami akan bermain di luar negeri," kata Indra menerangkan.

Jikalau mampu memenangkan dua laga FIFA Matchday pada Maret nanti, posisi skuad Garuda di ranking FIFA akan mengalami kenaikan. 

Melansir laman resmi FIFA, per 22 Desember 2022, Indonesia berada di urutan ke-151 dunia. Kendati demikian, Indonesia masih menjadi tim peringkat kelima di kawasan ASEAN (AFF). 

Vietnam menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di lingkup AFF yakni di posisi ke-96. Di bawahnya ada Thailand (111), Filipina (134), Malaysia (145) dan Indonesia (151).
 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x