Kompas TV regional berita daerah

Lagi, Pekerja PT GNI Tewas, Safri: Ini Akibat Adat dan Kearifan Lokal Dilupakan

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 17:07 WIB
lagi-pekerja-pt-gni-tewas-safri-ini-akibat-adat-dan-kearifan-lokal-dilupakan
Ketua DPC PKB Morut : kehadiran PT GNI seperti tidak mendapat restu alam dan lingkungan sekitar (Sumber: kompas.tv )
Penulis : KompasTV Makassar

MOROWALI UTARA, KOMPAS.TV - Seorang pekerja PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) berinisial NR, warga Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, meninggal dunia setelah drump truck (DT) yang dikemudikannya mengalami kecelakaan kerja pada Minggu, (29/1/2023) kemarin. Insiden ini kembali menambah daftar panjang peristiwa kecelakaan kerja yang dialami oleh para pekerja di PT GNI.

Wakil Ketua DPRD Morowali Utara, Muhammad Safri saat dimintai tanggapan terkait insiden yang kembali menimpa pekerja PT GNI mengaku kehabisan kata-kata untuk menggambarkan buruknya tata kelola yang dijalankan oleh manajemen PT GNI.

"Saya seperti kehabisan kata-kata untuk menggambarkan betapa buruknya tata kelola yang dijalankan oleh manajemen PT GNI. Insiden kembali terjadi, pekerja tewas lagi dan mereka belum juga menunjukkan tanda-tanda perbaikan secara menyeluruh," ujarnya. 

Ketua DPC PKB Morut ini bahkan menilai jika kehadiran PT GNI seperti tidak mendapat restu alam dan lingkungan sekitar. Banyaknya karyawan PT GNI yang menjadi korban harus disadari sebagai peringatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dirinya pun mendorong pihak perusahaan untuk menggelar ritual adat secara rutin sebagai tolak bala sekaligus wujud penghormatan perusahaan terhadap tradisi adat istiadat para leluhur yang ada di Morowali Utara.

"Sepertinya kehadiran PT GNI tidak mendapat restu dari alam dan lingkungan sekitar. banyak karyawan PT GNI yang menjadi korban harus disadari sebagai peringatan dari Tuhan. Olehnya itu saya menyarankan agar perusahaan menggelar ritual adat sebagai tolak bala sekaligus penghormatan terhadap tradisi adat istiadat leluhur dengan melibatkan masyarakat adat dan para pemuka lintas agama setempat untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh kegiatan operasional PT GNI berjalan lancar tanpa ada gangguan," ucap Safri.

Safri juga meminta PT GNI untuk terus menjalin silaturahmi dan komunikasi serta membangun sinergi antara semua pihak khususnya masyarakat adat dalam rangka menjaga dan melestarikan adat istiadat serta kearifan lokal masyarakat di sekitar wilayah kerja PT GNI. 

"Perusahaan harus menunjukkan kepedulian dan komitmen serta partisipasi aktifnya terhadap pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan sekitar. Termasuk pelestarian adat istiadat yang ada di daerah ini. Kutukan tambang mungkin hanya ada dalam dongeng saja, tapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi atau bahkan sudah terjadi dan menimpa PT GNI," pungkasnya.



#MOROWALIUTARA
#PTGNI
#korbanmeninggal



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x