Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Diyakini Punya Kapasitas untuk Jadi Ketua Umum PSSI

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 17:55 WIB
erick-thohir-diyakini-punya-kapasitas-untuk-jadi-ketua-umum-pssi
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai punya kapasitas yang mumpuni untuk menjadi Ketua Umum PSSI selanjutnya. 

Hal tersebut diungkapkan pengamat sepak bola Kesit Handoyo yang menyebut kesuksesan Erick mentransformasi BUMN bisa menjadi nilai lebih dalam melakukan reformasi secara menyeluruh di PSSI.

"Pengalaman Pak Erick memimpin BUMN bisa diterapkan untuk membenahi sepak bola Indonesia," kata Kesit dikutip dari Antara, Rabu (1/2/2023). 

Baca Juga: Bersaing Lawan Erick Thohir, La Nyalla Optimis Bakal Kembali Duduki Posisi Ketum PSSI

"Selain itu, Pak Erick juga bukan orang baru di olahraga. Beliau identik dengan basket serta juga pernah menjadi Presiden Inter Milan. Hal tersebut membuat Pak Erick punya kapasitas untuk memimpin PSSI,"  jelasnya. 

Seperti yang diketahui, sejak menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir berhasil merampingkan jumlah BUMN dari 108 menjadi 41. 

Selain itu, di bawah kepemimpinan Erick, laba BUMN juga terus meningkat dari Rp125 triliun pada 2021, kemudian menjadi sekitar Rp200 triliun pada 2022.

Dengan prestasinya itu, Erick Thohir pun dinilai cocok untuk mengemban tugas sebagai Ketua Umum PSSI. Apalagi, sistem sepak bola di Indonesia saat ini masih carut-marut. 

Menurut Kesit, salah satu contoh buruknya sistem sepak bola di Indonesia adalah soal pendaftaran klub profesional yang harus memenuhi sejumlah syarat, tetapi masih ada klub yang lolos meskipun tidak bisa memenuhi semua.

"Contohnya soal stadion yang harus memenuhi standar FIFA dan AFC. Itu kan sudah jelas, tetapi saat ini PSSI tidak berani menggelar Liga 2 dengan alasan masih banyak stadion yang belum memenuhi standar," lanjutnya. 

Baca Juga: Daftar Calon Sementara KLB PSSI: KP Tak Loloskan Bambang Pamungkas dan Iwan Budianto



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.