Kompas TV regional berita daerah

Pemeliharaan Jaringan Listrik Tanpa Pemadaman

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 17:32 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS TV - Pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik rutin dilakukan PT PLN Persero sebagai bentuk layanan ke pelanggang. PLN bahkan memiliki pasukan khusus yang dikenal sebagai tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan atau PDKB tanpa pemadaman.

Salah satu lokasi pemeliharaan dan perbaikan komponen jaringan listrik  berada di load break switch atau LBS motorized  di Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar.

Pemeliharaan atau perbaikan ini dilakukan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan atau P-D-K-B up3 Makassar Selatan. Tim PDKB merupakan orang orang pilihan dengan keterampilan dan kompetensi yang khusus. mereka terlatih  untuk melakukan pemeliharaan  perbaikan atau penggantian komponen tanpa harus memadamkan aliran listrik ke pelanggan. Dalam melaksanakan pekerjan yang beresiko tinggi  tim PDKB harus mematuhi S-O-P  K2 serta K3 yang berlaku  termasuk penggunaan alat pelindung diri. keberadaan tim PDKB  untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan atau masyarakat.

Pemeliharaan jaringan listrik oleh tim PDKB dilakukan dengan metode sentuh lansung jaringan 20 ribu volt dengan peralatan khusus  serta  metode tidak menyentuh lansung jaringan. sementara L-B-S yang dilakukan pemeliharaan ini  merupakan peralatan switching yang dapat dioperasikam dengan remote jarak jauh. LBS juga dapat dijadikan sebagai pemisah gangguan secara otomatis.

PLN sebagai BUMN dibidang usaha penyediaan tenaga listrik  berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik ke seluruh pelosok negeri, mendorong laju pertumbuhan perekonomian  hingga menciptakan multiplier effect  melalui kesiapan pasokan listrik untuk rumah tangga  industri dan bisnis.

#pemeliharaanlistrik

#pemadaman

#pln



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x