Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Lama Tak Terdengar, Esemka Dikabarkan Bikin Mobil Listrik Gandeng Perusahaan China

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 13:28 WIB
lama-tak-terdengar-esemka-dikabarkan-bikin-mobil-listrik-gandeng-perusahaan-china
Mobil listrik keluaran Hozon Auto dengan tulisan Esemka tersebut merupakan model dari Neta U. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Esemka akan menjadi merek mobil lokal pertama yang ikut serta dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada 16 - 26 Februari di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun Project Manager IIMS Rudi MF tidak mengungkap apa saja yang ditawarkan Esemka dalam IIMS 2023. Apakah Esemka akan menyediakan unit yang bisa dipesan konsumen, atau hanya memajang prototipe dari mbil keluaran terbarunya.

Bisa jadi juga, Esemka akan memamerkan mobil listrik produksi mereka. Lantaran akan ada area khusus kendaraan listrik yaitu di Hall C2. 

"Untuk para pecinta kendaraan elektrik, kita akan hadirkan satu hall penuh yang berlokasi di Hall C2 dan sudah beserta area pengujian kendaraan untuk para pengunjung," tutur Rudi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Esemka Akan Mejeng di IIMS 2023, Masyarakat Sudah Bisa Beli Mobilnya?

Dalam gelaran IIMS sebelumnya, kendaraan listrik memang sudah dipamerkan namun jumlahnya masih sedikit dan belum punya tempat khusus. 

Tahun ini, Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2023 juga ingin ikut mempromosikan kendaraan elektrik itu melalui tagline "Bringing Opportunity for Otomotive Society Together" (BOOST).

"Dyandra Promosindo membawa tagline BOOST untuk mengajak para stakeholder untuk bisa tumbuh bersama dengan serangkaian kolaborasi yang ada," ujar Rudi. 

Mengutip dari Kompas.com, Jumat (3/2/2023), ada kabar yang menyebutkan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka, akan bermain di segmen mobil listrik untuk pasar Indonesia. Dari foto-foto yang beredar di group WhatsApp, mobil listrik yang akan diluncurkan adalah keluaran Hozon Auto yang sudah dilengkapi dengan emblem bertulisan Esemka.

Baca Juga: Jokowi Ingin Mobil Listrik Buatan Dalam Negeri, Fadli Zon: Bikin Esemka Saja Dulu,  Janji 7 Tahun

Mobil listrik keluaran Hozon Auto dengan tulisan Esemka tersebut merupakan model dari Neta U. Namun, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, belum memberikan tanggapan apa pun sampai berita ini ditulis.

Sebagai informasi, Hozon Auto merupakan pabrikan asal China yang berdiri pada 2014 lalu dan mulai mengenalkan mobil listrik konsepnya pada 2017. Model pertama yang diproduksi satu tahun kemudian adalah Neta N01.

Namun Neta N01 tak berlangsung lama, karena pada 2019 Hozon akhirnya mengeluarkan model baru yang menyerupai sport utility vehicle (SUV), yakni Neta U dan kemudian Neta V. Dari segi penjualan, mobil listrik Hozon Auto sendiri menerima penyerapan pasar yang cukup baik. Dari tahun ke tahun tumbuh signifikan serta mulai menjajaki pasar Thailand baru-baru ini.

Adapun mobil China yang sudah lebih dulu masuk Indonesia adalah Wuling, yang juga mulai memasarkan mobil listriknya.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.