Kompas TV regional berita daerah

Komplotan Pengganjal Mesin ATM di Pemalang Ditangkap

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 13:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Aksi pelaku kejahatan pembobolan ATM bank BRI di Stasiun Kereta Api Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah berhasil digagalkan. Satpam bersama warga berhasil mengamankan dua orang pelaku, Harley yang berasal dari Bogor, Jawa Barat dan Rendy Sanjaya dari Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, sedangkan dua pelaku lainnya melarikan diri.

Polres Pemalang melakukan pendalaman pada kedua tersangka pembobolan ATM tersebut. Terungkap, para tersangka juga melakukan pembobolan gerai ATM bank di depan Samsat Kabupaten Pemalang sebelum melakukan aksinya di gerai ATM depan PLN dan gerai ATM Stasiun Pemalang.

AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, Kapolres Pemalang menyebutkan, tersangka sempat menginap di hotel untuk melancarkan aksinya. Saat beraksi, keempat tersangka mengganjal lubang kartu ATM dengan potongan mika, kemudian menunggu nasabah di sekitar ATM. Saat korban datang mengambil uang, korban tidak dapat mengambil kartu yang tertelan di ATM akibat ganjalan. Tersangka berpura-pura hendak menolong korban dengan meminta pin ATM korban hingga menguras isi rekening.

“Ada ATM yang pinnya mereka sudah tahu dengan cara-cara yang meyakinkan korban.”ujar AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya.

Dua orang tersangka tersebut dikenakan Pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. 

#atm #pembobolan #pemalang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.