Kompas TV entertainment selebriti

Bukan di Indonesia, Ivan Gunawan Ungkap Alasan Bangun Masjid di Uganda

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 14:05 WIB
bukan-di-indonesia-ivan-gunawan-ungkap-alasan-bangun-masjid-di-uganda
Ivan Gunawan ungkap alasan bangun masjid di Uganda. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presenter Ivan Gunawan mengungkap bagaimana awal mula dirinya membangun masjid di Uganda, Afrika Timur bukan di Indonesia. 

Saat itu, Ivan mengatakan memang memiliki nazar untuk membangun masjid. Namun, tidak menemukan lokasi yang tepat di Indonesia.

"Kan gua pernah punya nazar, gue pengen bikin masjid. Tapi pada kemarin prosesnya waktu mau bikin masjid Indonesia tuh kayaknya nggak nemu titik (yang pas)," kata Ivan Gunawan, dikutip dari YouTube Eko Patrio TV yang tayang Kamis (2/2/2023).

Setelah itu, kata Ivan, dirinya melihat unggahan di media sosial tentang kesulitas air bersih di Afrika. Perencang busana itu pun lantas terpikir untuk membuatkan sumur. 

Baca Juga: Bangun Masjid Indonesia di Uganda, Ivan Gunawan: Pakai Hasil Keringat Saya Sendiri

"Pada waktu itu gua langsung DM berapa sih bikin sumur supaya masyarakat di sana bisa mendapatkan air. Udah selesai kukirim (uang), terjadilah sumur itu," ucapnya.

Tak laman setelah itu, Ivan juga melihat unggahan di akun yang sama tentang kesulitan warga Uganda untuk melaksanakan salat di tempat yang layak.

"Selang berapa hari di posting lagi ada di Uganda itu mereka salatnya di bawah ranting, terus nggak ada sejadah juga, jadi di atas tanah itu dia taruh kayak daun-daunan gitu," ungkap Ivan bercerita.

Ia pun yang sebelumnya memang ingin membangun masjid, tergerak untuk membatu masyarakat Muslim di Uganda.

"Gue langsung nanya kalau mau bikin masjid, kurang lebih estimasi budget Itu berapa, dan ya udah dia kasih angka terus begitu hari itu juga gua transfer," kata Ivan.

Ia bersyukur lembaga amal yang ia percayai selalu menjalankan titipannya termasuk sumur dan masjid. Ivan bahkan menggunakan desain dari Indonesia dengan tema warna putih.

"Karena di sana tuh, masjid warnanya orange shocking pink hijau kuning ya karena gue pengennya warna putih. Jadi gua namai Masjid Indonesia," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa potret peresmian masjid Indonesia milik Ivan Gunawan di Uganda diunggah di Instagram.

Peresmian Masjid Indonesia milik Ivan Gunawan di Uganda. (Sumber: Instagram/@hamzah.tamimy)

Baca Juga: Artis Ivan Gunawan Bersaksi di Kasus Robot Trading DNA Pro di PN Bandung!

Ivan Gunawan mengungkapkan ia mempercayakan pembangunan masjid kepada temannya bernama Hamzah, yang kala itu sedang berada di Uganda.

"Proses pembangunan setahun kurang ya. Saya percayakan ke Hamzah dan tim, karena mereka sangat amanah," kata Ivan Gunawan, Rabu (1/2/2023), dikutip dari Tribunnews.

Pria berusia 41 tahun ini mengaku dirinya tidak dibantu rekan pengusaha dan artis Tanah Air, saat membangun Masjid Indonesia di Uganda.

"Pakai hasil keringat saya sendiri. Gak ada bantuan dari siapapun, karena memang ini niat yang spontan tapi bermanfaat buat banyak orang," ucapnya.



Sumber : Eko Patrio TV, Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x