Kompas TV regional berita daerah

Lapor ke Polisi soal Kehilangan Sertifikat Tanah, Seorang Lansia Malah Jadi Tersangka

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 14:59 WIB
lapor-ke-polisi-soal-kehilangan-sertifikat-tanah-seorang-lansia-malah-jadi-tersangka
Seorang lansia penyandang disabilitas, Sueb (79 tahun), lansia ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Tegal.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

BREBES, KOMPAS.TV - Seorang lansia penyandang disabilitas, Sueb (79 tahun), ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Tegal, Jawa Tengah. 

Padahal awalnya Sueb adalah pihak yang melapor bahwa telah kehilangan sertifikat tanahnya sendiri seluas 4.412 meter persegi ke Polres Tegal. 

Nasib malang yang dialami warga Kecamatan Songgom, Brebes, ini karena tanah yang dimilikinya sudah dikuasai oleh orang lain yang sebenarnya tidak berhak. Tak sudi ditetapkan jadi tersangka, Sueb pun mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Slawi, dan berharap agar persoalan ini menemukan titik terang.. 

Dihadapan hakim, Sueb bercerita awalnya ia mempercayakan tanah miliknya itu untuk dikelola sang istri saat masih hidup, namun tanpa sepengetahuan dirinya tanah itu justru dikuasai oleh orang lain.

"Saya tidak tahu apakah tanah dijual atau bagaimana. Karena saya sendiri tidak pernah merasa menjual tanah itu," kata Sueb dikutip dari Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Meski demikian, Sueb tetap memenuhi panggilan sidang pertama dengan menggunakan kursi roda, didampingi seorang tertangga dan tim kuasa hukumnya.


 

Saat ini dia hanya bisa berharap praperadilan di Pengadilan Negeri Slawi ini berjalan lancar dan cepat agar kebenaran sesungguhnya bisa terkuak.

"Harapannya lewat praperadilan ini bisa terkuak, atau saya mengetahui mana yang benar dan salah," kata Sueb.

Baca Juga: Mahfud MD Kecewa Hakim Vonis Bebas Tersangka Kasus Penipuan dan Penggelapan KSP Indosurya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.