Kompas TV nasional politik

Respons Kode Surya Paloh Ingin Temui Megawati, Hasto: Capres Kami Bukan yang Pintar Berpoles Diri

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 14:37 WIB
respons-kode-surya-paloh-ingin-temui-megawati-hasto-capres-kami-bukan-yang-pintar-berpoles-diri
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi keinginan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang ingin bertemu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Menurut dia, pihaknya tak lantas menerima niat baik dari orang nomor satu di Parti Nasdem itu yang ingin silaturahmi dengan Megawati. 

Baca Juga: Surya Paloh Lempar Kode Bertemu Megawati, Perbaiki Hubungan Internal Partai Pendukung?

“Pak Surya Paloh kan bilang ada kode-kodenya. Nah ini kodenya kan harus kita tangkap dulu. Kodenya untuk apa? Untuk kepentingan bangsa dan negara? untuk kode elektoral? untuk kode capres cawapres?” kata Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023). 

Ia mengatakan, bila niat dari Surya Paloh ingin memperkenalkan bakal capres Anies Baswedan, PDIP menegaskan akan menolaknya. Sebab, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini akan mengusung kader internal untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.


 

“Kan Nasdem sudah punya capres, dan ini kan capresnya berbeda dengan PDIP. Karena pidato Ibu Mega kan kalau capres PDIP dari kader, capres yang berprestasi. Bukan capres yang pintar berpoles diri. Kan beda? Nah kode-kodenya kami tangkap dulu,” ujarnya.

Meski begitu, ia menyatakan PDIP akan membuka pintu kepada Nasdem bila mereka memang ingin diskusi terkait masalah kebangsaan.

“Dialog ini untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara, tetapi juga untuk membangun desain bagi masa depan. Jadi kita terbuka,” ujarnya.

Sebelumnya, Surya Paloh mengatakan pihaknya sudah berencana untuk melakukan pertemuan dengan Megawati termasuk jajaran elite parpol berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

Namun, ia belum bisa memastikan kapan pertemuan itu akan berlangsung. Sebab, saat ini sedang mencari waktu kosong Megawati. 

"Saya pikir keinginan untuk itu (bertemu PDIP) ada saja, tinggal atur aja. Kita kasih kode-kode dulu, kita minta barangkali kapan Ibu Mega ada waktu yang baik, ya kan, mudah-mudahan suasana kebatinan sama, harapan penerimaan sama, jadi jelas ada dong, itu intinya," kata Surya di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023). 

Baca Juga: Surya Paloh Temui Airlangga Hartarto, Politikus PDIP: Kita Bersafari Politik untuk Menemui Rakyat

Menurut dia, bila di tataran elite politik tercipta suasana kebatinan yang damai, akan menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.