Kompas TV feature the journey of bima suci

Taruna AAL Melaksanakan Simulasi Peran Jaga Perang Atasi Terorisme! | BIMA SUCI

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 13:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Akhirnya kami sandar di Kota Tual, Maluku. Ini sekaligus menjadi penanda usai sudah perjalanan etape ke empat pelayaran latih kartika jala krida tahun 2022. Kri bima suci sandar di Dermaga R.E. Martadinata  sehari sebelum perayaan tujuh puluh tujuh tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Sebelum sandar, taruna mendapatkan materi pelatihan peran layar.  Taruna angkatan laut wajib mendapat peran khas yang harus diikuti sebagai bekal dasar para pelaut.  Peran layar tak hanya mengajarkan mendirikan layar tetepi juga menggunakan layar sebagai motor bagi kapal. Peran layar juga mengajarkan jiwa kebaharian bagi para taruna. Kepiawaian para taruna mengandalkan fungsi layar selaras dengan kemampuan seorang pelaut beradaptasi dengan kondisi alam. 

Pada perjalanannya menuju Kota Tual, taruna juga mendapat materi peran jaga perang. Peran atau pelatihan yang mengajarkan menghadapi terorisme di laut. Para taruna melakukan simulasi peran jaga perang untuk operasi infiltrasi ke pertahanan musuh. 

Peran jaga perang tak hanya mengenalkan bagaimana strategi menghadapi tindak kriminal selama melakukan penjelajahan laut. Namun, juga berfungsi untuk melatih kewaspadaan taruna saat melewati wilayah rawan perompak.

#91HariBimaSuci #KartikaJalaKrida #TarunaAL #AkademiAL #DokumenterKompasTV #JalasvevaJayamahe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x