Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Relawan Jokowi Mania Dukung Prabowo adalah Sikap Politik Istana

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 13:10 WIB
pengamat-relawan-jokowi-mania-dukung-prabowo-adalah-sikap-politik-istana
Saat Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersama menaiki kereta MRT dari Stasiun Lebak Bulus, Sabtu (12/7/2019). (Sumber: Instagram: Pramono Anung)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV -  Relawan Jokowi Mania atau JoMan mengalihkan dukungannya dari Ganjar Pranowo ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Hal itu dinilai sebagai bagian dari sikap politik Istana dalam menyikapi pesta demokrasi nanti. 

"Jika JoMan masih merasa bagian relawan Jokowi tentunya sikap JoMan dibaca publik bagian sikap politik istana. Karena tak mungkin JoMan bergerak sendirian tanpa koordinasi apapun," kata Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno kepada Kompas TV, Kamis (16/2/2023). 

Baca Juga: Relawan Jokowi Mania Bertandang ke Rumah Prabowo Sore Ini, Bahas Apa?

Menurut dia, kini Istana terbagi dua kubu, yakni ada yang mendukung pencalonan Ganjar dan Prabowo. 

"Jika ini yang terjadi, sikap Istana saat ini sepertinya mendua antara Ganjar dan Prabowo. Entah bagaimana perkembangan ke depan," ujarnya.

Ia menyebut, dahulu terlihat sekali gestur tubuh Istana condong ke Ganjar, tapi mendapat resistensi dari internal PDIP. 

"Ini yang sepertinya membuat istana tak mau head to head dengan PDIP karena belum ada capres definitif. Karena itulah, sepertinya untuk menghindari resistensi itulah istana mulai cemas," ujarnya. 

Adi menilai, perpindahan JoMan dari yang semula dukung Ganjar berubah mendukung Prabowo rentan menimbulkan friksi antar relawan Jokowi. 


 


"Karena alasan JoMan pindah dukungan sambil menuding Ganjar hanya pencitraan di medsos dan tak punya gagasan. Ini yang membuat relawan Ganjar tak terima." 

"JoMan berpaling dari Ganjar meninggalkan luka politik yang sepertinya sulit dimaafkan oleh relawan-relawan Ganjar lainnya," ujarnya. 

Sebelumnya, relawan JoMan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Kamis (16/2/2023). 

Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer mengatakan, tujuan pihaknya bertemu dengan Menteri Pertahanan itu untuk menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Prabowo sebagai capres dalam gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Batal Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Relawan Jokowi Mania Kini Alihkan ke Prabowo Subianto

"Bertemu Prabowo hari ini. Isinya soal dukungan bulat Jokowi Mania untuk mendukung Prabowo maju di Pilpres 2024," kata pria yang karib disapa Noel itu kepada Kompas TV, Kamis (16/2/2023). 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x