Kompas TV olahraga sepak bola

Ternyata Fans Lama, Bos Qatar Resmi Tawar Man United dengan Harga Fantastis 4 Miliar Pounds

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 12:04 WIB
ternyata-fans-lama-bos-qatar-resmi-tawar-man-united-dengan-harga-fantastis-4-miliar-pounds
Stadion Old Trafford, markas Manchester United. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Manchester United resmi ditawar oleh investor Qatar dan rencananya 100% kepemilikan saham klub akan diambil alihnya. Ternyata, calon pembeli tersebut adalah Syekh Jassim bin Hamad Al-Thani, seorang pengusaha dan putra dari mantan Perdana Menteri Qatar. 

 

Syekh Jassm pada Jumat (17/2/2023) secara resmi mengajukan tawaran itu ke pihak klub. Ia punya batas waktu sampai Sabtu (18/2/2023) pukul 05.00 WIB setempat.

Dilansir dari The Guardian, Sheikh Jassim, bos investor dan merupakan pemimpin Qatar Islamic Bank. Ia  mengajukan penawaran lewat yayasannya yang bernama Nine Two Foundation.

Jumlah tawaran beli Manchester United itu pun fantastis dan disebut-sebut mencapai 4 miliar pounds. 

Adapun Syekh Jassim ternyata adalah fans lawas Man United sejak 1992.

Itulah alasan, kenapa yayasan miliknya yang digunakan beli Man United diberi nama Nine Two, merujuk pada generasi emas Man United '92 yang berisikan David Beckham cs. 

“Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani hari ini mengkonfirmasi pengajuan tawarannya untuk kepemilikan 100% dari Manchester United," tulis tawaran itu dilansir The Guardian. 

Untuk tawaran tersebut, Shekh Jassim berusaha kembalikan kejayaan masa lalu dari klub. Lantas, klub juga tidak perlu hutang jika nanti akan dibeli olehnya. 

Syekh Jassim juga menawarkan perbaikan infrastuktur bagi klub. 

“Tawaran akan sepenuhnya bebas utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim, yang akan berinvestasi di tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar, dan komunitas yang didukung Klub," jelas isi penawaran itu. 

Ia juga menyebut, untuk harga bisa berkembang tergantung proses penawaran dari klub. 

"Visi dari penawaran ini adalah agar Manchester United sudah dikenal karena sepak bola dan dianggap sebagai klub sepak bola terbesar di dunia. Rincian lebih lanjut dari penawaran akan dirilis, ketika proses penawaran berkembang," tutup bunyi penawaran itu. 

Selain Syekh Jassin, pembeli Man United  juga datang dari orang tajir Inggris.

Yakni, Sir Jim Ratcliffe yang disebut sebagai orang terkaya Inggris. Ia juga resmi menyatakan niatnya untuk membeli United pada waktu yang hampir bersamaan dengan Syekh Jassim. 



Sumber : Kompas TV/The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x