Kompas TV olahraga sepak bola

13 Tahun Menanti, Bonus Juara Piala AFF Futsal 2010 Timnas Indonesia Tak Kunjung Cair

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 09:35 WIB
13-tahun-menanti-bonus-juara-piala-aff-futsal-2010-timnas-indonesia-tak-kunjung-cair
Ilustrasi logo PSSI. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan kapten sekaligus legenda Timnas Futsal Indonesia, Vennard Hutabarat, mengungkapkan kisah pahit di balik gelar juara Piala AFF Futsal 2010 yang diraih skuad Merah Putih. 

Vennard menceritakan jerih payahnya dan rekan satu timnya kala berlaga di Piala AFF Futsal 2010 di Vietnam, tak mendapatkan apresiasi yang pantas. 

Bonus hadiah yang dijanjikan oleh PSSI pimpinan Nurdin Halid, kata dia, hingga kini belum juga cair. Terhitung, para penggawa Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2010 telah menunggu bonus tersebut selama 13 tahun. 

Baca Juga: Jokowi Pesan Minta Pengurus PSSI Baru Siapkan Blueprint Sepak Bola Indonesia

"Izinkan saya mewakili teman-teman mantan pemain timnas futsal Indonesia menyampaikan aspirasi para legenda futsal terutama timnas 2010 yang menjuarai piala AFF di Ho Chi Min Vietnam, yang sama sekali tidak mendapat perhatian dan apresiasi dari PSSI di era saat itu Bapak Nurdin Halid sebagai ketua PSSI dan pemerintahan," tulis Vennard di akun Instagram pribadinya, Jumat (24/2/2023).

"Bonus yang dijanjikan saat juara sama sekali tidak terealisasi dan itu sudah bukan menjadi prioritas para pemain karna sudah menggangap bukan rezeki kami," sambungnya. 

Pada tahun yang sama, Timnas Sepak Bola Indonesia hanya mampu menjadi runner up Piala AFF 2010. Sementara Timnas Futsal sukses pulang membawa juara. 

Baca Juga: Target Timnas Indonesia Berlaga di Piala Dunia 2040, Jokowi: Benahi PSSI

Vennard merasa Timnas Futsal seperti anak tiri yang mendapat perlakuan yang berbeda dari PSSI. 

Pria kelahiran 2 Mei 1974 itu menceritakan, jersey yang digunakan Timnas Futsal kala bermain di Vietnam adalah sisa-sisa seragam Timnas Sepak Bola. 

Veve, panggilan akrab Vennard, meminta PSSI agar memberikan perhatian lebih kepada para legenda futsal Indonesia. 

"Juga kami para legenda futsal yang pernah mengharumkan negeri ini berharap kami bisa disejajarkan dengan para legenda sepak bola Indonesia yang lebih mendapatkan perhatian khusus dari PSSI dan pemerintah," tandasnya.

Lebih spesifik, Veve memohon kepada Ketua Umum PSSI teranyar, Erick Thohir, beserta jajaran pengurusnya, untuk memfasilitasi para pemain Timnas Futsal yang menjuarai Piala AFF 2010. 

Baca Juga: Hasil Piala Asia Futsal 2022: Nyaris Comeback Luar Biasa, Indonesia Takluk dari Jepang 2-3

"Saya sebagai kapten Timnas 2010 mewakili para legenda futsal Indonesia, berharap banyak di era kepemimpinan Erick Thohir, bisa menyelaraskan harmonisasi antara FFI (Federasi Futsal Indonesia) dengan PSSI," papar Veve. 

"Apapun itu, kami sebagai anak bangsa yang sudah pernah mengharumkan negeri ini di kancah internasional, berdoa untuk PSSI yang lebih baik," tutupnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x