Kompas TV feature the journey of bima suci

Bima Suci Masuki Gerbang Benua Australia, Lewati Great Berrier Reef | Bima Suci

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 21:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Akhirnya KRI Bima Suci memasuki pintu gerbang Benua Australia, Selat Torres. Selat sepanjang 150 kilometer ini menjadi satu-satunya pintu masuk menuju beberapa kota di Wilayah Australia Timur.

Pelayaran menuju Benua Australia, tidaklah mudah. Kapal kebanggaan Republik Indonesia ini harus berlayar melewati Laut Karang. Terdapat Great Barrier Reef dalam Laut Karang yang menjadi situs warisan budaya dunia sekaligus kawasan konservasi. Pemerintah Australia memberlakukan regulasi wajib pandu bagi kapal yang melintasi Inner Route dari Selat Torres hingga wilayah Brisbane untuk melindungi gugusan terumbu karang terbesar di dunia ini.

Selama menunggu kedatangan pemandu, para Taruna dan ABK melakukan lego jangkar. Lego jangkar kali ini diadakan lomba memancing. Tak terduga, ada peserta yang mendapatkan seekor anak hiu. Tangkapan pun segera dikembalikan ke Laut. Momentum lego jangkar juga digunakan untuk lomba menyanyi antar divisi. Lomba ini berlangsung meriah. Bahkan Komandan KRI Bima Suci dan Palaklat juga hanyut dalam keseruan ini.

Akhirnya 10 hari berlayar melintasi Laut Arafura dan Selat Torres, KRI Bima Suci tiba di Kota Townsville, Queensland, Australia. Pelayaran ini lebih cepat sehari dari yang dijadwalkan karena menyesuaikan kondisi cuaca dan berkat kehadiran pemandu kapal.

 

#91HariBimaSuci #KartikaJalaKrida #TarunaAL #AkademiAL #DokumenterKompasTV #JalasvevaJayamahe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x