Kompas TV video vod

Respons Instruksi Wapres, Menteri BUMN Perintahkan Pertamina Segera Tetapkan "Buffer Zone"

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 17:28 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin tiba di permukiman terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Sabtu (4/3/2023) siang ditemani Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam kunjungannya, Wapres berharap Depo Pertamina Plumpang direlokasi ke Pelabuhan demi keselamatan warga dan permukiman terdampak kebakaran di sekitar Depo Pertamina Plumpang segera ditata ulang.

Merespons instruksi Wapres, Menteri BUMN Erick Thohir pun memerintahkan seluruh perusahaan pelat merah yang memiliki fasilitas vital nasional, termasuk Kilang Pertamina untuk segera menetapkan Buffer Zone atau zona aman yang memisahkan fasilitas perusahaan dengan kawasan permukiman.

Menurut Erick, Buffer Zone PT Pertamina Persero semakin menipis karena kehilangan lahan setelah reformasi 1998.

Baca Juga: [LIVE] Jumlah Pengungsi di PMI Jakut Ada 121 Jiwa, Bantuan Seragam Sekolah Masih Dibutuhkan!

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan siap menindaklanjuti permintaan Menteri BUMN soal Buffer Zone.

Nicke menyebut, pihaknya akan melakukan penataan ulang di setiap aset vital milik Pertamina demi memastikan operasional Pertamina aman dari aktivitas warga.

Penataan ulang zona penyangga atau Buffer Zone Pertamina juga diserukan oleh Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga Radianra.

Daymas menyebut, secara ideal radius buffer zone antara Depo Pertamina dengan permukiman warga berada di kisaran 50 meter.

Peristiwa kebakaran di Pertamina Plumpang bukan yang pertama kali terjadi.

Polisi masih menyelidiki kasus terbakarnya Depo Pertamina ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x