Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mendag Zulkifli Hasan Keluarkan Izin Impor Pangan untuk Stok Ramadhan 2023: Nggak Usah Khawatir

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 15:53 WIB
mendag-zulkifli-hasan-keluarkan-izin-impor-pangan-untuk-stok-ramadhan-2023-nggak-usah-khawatir
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku sudah mengeluarkan izin impor kedelai, gula kristal, dan daging. (Sumber: Dok. Kemendag )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengaku sudah mengeluarkan izin impor kedelai, gula kristal, dan daging. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah mengamankan stok kebutuhan masyarakat pada Ramadhan 2023.

"Semua kan sudah (dikeluarkan izin impor) kedelai, gula, daging, apa lagi semualah siap mudah-mudahan," ujarnya saat dijumpai di JS Suwansa, Selasa (7/3/2023), dilansir dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Zulhas mengatakan, Kemendag saat ini sedang bekerja keras untuk menjamin pasokan bahan pokok tersedia pada Ramadhan dan Lebaran 2023.

"Kita lagi kerja keras agar Presiden bilang apapun (ketersediaan bahan pokok) ada lebih banyak, kita harap enggak usah kahwatir segala hal ada, tinggal harganya harus bisa terjangkau," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) memerintahkan Bulog dan ID Food untuk mengimpor daging sapi, kerbau, dan gula kristal jelang Ramadhan 2023.

Baca Juga: Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi, Zulhas Minta Kepala Daerah Tak Ke Luar Negeri, Ada Apa?

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menjelaskan, importasi itu bukan hanya untuk memastikan ketersediaan pangan selama Ramadhan 2023 saja, tapi juga menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi pangan.

“Untuk daging sapi dan kerbau serta gula konsumsi kita sudah menugaskan Bulog dan minta Kementerian BUMN menugaskan BUMN Pangan melakukan pengadaan,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (3/3/2023).


 

Disebutkan, ID Food akan mengimpor sekitar 100.000 ton daging sapi dan Bulog akan melakukan pengadaan sekitar 100.000 ton daging kerbau.

“Kedatangan dilakukan secara bertahap, kita percepat (kedatangannya) sebelum Lebaran untuk menambah stok dan menjaga harga daging di masyarakat,” kata Arief.

Begitu juga dengan gula konsumsi. Pada tahap pertama sampai dengan bulan Mei 2023, BUMN Pangan ID Food dan PTPN Holding Perkebunan ditugaskan melakukan pengadaan sekitar 215.000 ton Gula Kristal Putih (GKP).

Baca Juga: Waspadai Penipuan Lewat WhatsApp Jelang Ramadhan, Begini Modusnya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x