Kompas TV nasional peristiwa

Ulang Tahun Wakil Presiden, Perayaan Dikemas dengan Peluncuran Buku

Kompas.tv - 11 Maret 2023, 13:00 WIB
ulang-tahun-wakil-presiden-perayaan-dikemas-dengan-peluncuran-buku
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Merayakan hari ulang tahun, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan luncurkan buku "Kiai Wapres, Wapres Kiai; 80 Tahun Prof Dr KH Ma’ruf Amin".

Acara itu berlangsung di sebuah hotel di Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

Meski memasuki kepala delapan, Wapres Amin menegaskan, dirinya mempertahankan nilai-nilai NU yang lama, tetapi terbuka mengambil yang baru, lebih baik, dan transformatif. 

”Saya pakai celana sejak jadi Wapres. Sebelumnya pakai kain. Tapi, kalau saya kembali ke lingkungan pesantren, saya pakai kain lagi, tapi pola berpikirnya (modern). Bisa dilihat di pesantren pakai kain, sandal, bawa handphone dan laptop. Itu ciri santri modern ini,” ujarnya dikutip dari Kompas.id, Sabtu (11/3/2023).

Jawaban itu disampaikan untuk menepis kekhawatiran sejumlah orang, yang tak menduga saat kiai ditunjuk Presiden Jokowi jadi pendampingnya. 

Dikutip dari Kompas.id, Kepala Sekretariat Wapres (Kasetwapres) Amin, Achmad Erani Yustika, dalam prolognya di buku yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas (PBK), menyatakan, sosok Kiai Ma’ruf memancarkan lima sikap hidup, strategi kerja, dan mandat atau amalan militan.

Kelima sikap, strategi, dan mandat itu sebagai pengalaman, keleluasaan pengetahuan, dan kedalaman keagamaan yang menjadi obor penerang perjalanan lima tahun pada 2019-2024.

Baca Juga: 5 Hal Penting Ini Disampaikan Wapres Ma'ruf Amin dalam Rakernas LPTNU

Wakil Presiden dan Nyonya Wury menikmati jalan pagi di Taman Margasatwa Ragunan, Minggu (1/5/2022). Sembari berolah raga, Wapres mengecek kesiapan Ragunan menyambut peningkatan kunjungan wisatawan di masa libur Lebaran ini. (Sumber: BPMI SEKRETARIAT WAPRES)

Menurut Erani, lima sikap hidup Wapres itu, meliputi pembelajaran, daya ingat, donor ilmu, percaya utuh pada mekanisme kerja, dan nilai moral yang melampaui dimensi material. 

Sedangkan lima strategi kerja mencakup apresiasi pengetahuan dan gagasan, penyiapan strategi, menggandeng pemangku kepentingan, prioritas, dan fokus menjalankan pekerjaan.

Adapun lima mandat yang dirasakan ”Kiai Wapres dan Wapres Kiai” itu, Erani juga mengungkapkan sosoknya yang kerap mengawal pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, pemberdayaan mengatasi ketimpangan dan kemiskinan, pelayanan publik, percepatan pembangunan Papua, dan mencintai Tanah Air.

”Tutur katanya ritmis, logis, sistematis. Daya ingat dan pikirannya masih amat cergas, di luar fisiknya yang tangkas. Setiap hari waktu diperas, fisik dikuras, dan pikiran diringkas. Saya sebagai salah satu penyaksi atas kekuatan lahir dan batinnya saat jalankan amanah rakyat,” tulis Erani.

Wapres ke-10 dan ke 12 RI, Jusuf Kalla, yang hadir sebagai saksi saat pernikahan Kiai Ma’ruf dengan Ibu Wury Estu Handayani pada 2014 setelah istrinya meninggal, sangat bersyukur kiai genap berusia 80 tahun saat menjabat sebagai Wapres RI. 

Di tahun ketiga mendampingi Presiden Jokowi, Kalla pun berharap Wapres dapat memberikan kesejukan dan ketenangan saat ancaman krisis ekonomi dan jelang pemilu.

”Sebagai kiai, Pak Ma’ruf juga sebenarnya seorang politisi sehingga paham politik dan bisa membantu Pak Jokowi memberikan ketenangan,” ujar Kalla.

Baca Juga: Wakil Presiden Maruf Amin Sebut Dudung Jenderal Santri


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x