Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Diyakini Jaringan Mata-mata Rusia, Sekelompok Orang Asing Ditahan Pemerintah Polandia

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 10:53 WIB
diyakini-jaringan-mata-mata-rusia-sekelompok-orang-asing-ditahan-pemerintah-polandia
Ilustrasi penahanan. Sekelompok orang ditangkap di Polandia setelah dituduh mata-mata Rusia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

WARSAWA, KOMPAS.TV  - Sekelompok orang asing telah ditahan oleh Pemerintah Polandia usai diyakini sebagai jaringan mata-mata Rusia.

Enam orang ditahan setelah dicurigai memasang kamera rahasia untuk merekam infrastruktur transportasi yang digunakan untuk mengirim bantuan ke Ukraina.

Stadion Radio Polandia RMF FM dikutip dari BBC, Kamis (16/3/2023), mengatakan jaringan tersebut tengah menyiapkan rencana untuk melakukan sabotase.

Konflik mata-mata antara Rusia dan Barat terus meningkat setelah terjadinya perang di Ukraina.

Baca Juga: Tegang! Jerman dan Inggris Kirim Jet Tempur untuk Cegat Pesawat Militer Rusia dekat Estonia

Polandia adalah salah satu sekutu terkuat Ukraina, dan pasukan keamanan telah menangkap sejumlah orang yang dicurigai sebagai mata-mata Rusia, sejak invasi Ukraina yang terjadi Februari tahun lalu.

Menurut laporan media Polandia, sekelompok orang mencurigakan tersebut telah memasang puluhan kamera pengintaian di samping persimpangan kereta api dan rute transportasi terpenting di Provinsi Podkarpackie, Polandia.

Menurut media tersebut, provinsi Podkarpackie berbatasan dengan Ukraina.

Beberapa dari kamera tersebut ditemukan di dekat bandara regional kecil yang diubah menjadi pusat logistik internasional pengiriman militer dan bantuan kemanusiaan ke Ukraina.

Pesawar mikiter dan kargo dari Amerika Serikat (AS) dan seluruh Eropa diterbangkan secara reguler keluar dan masuk dari Bandara Rzeszow-Jasionka.

Di tempat itu, tentara AS bisa terlihat menggunakan Humvee mereka, untuk mengantarkan pasokan dan membawanya 100 km menuju perbatasan Ukraina.


 

Tempat tersebut dikategorikan sensitif, sehingga Washington meluncurkan sistem pertahanan Patriot untuk melindungi lapangan terbang tersebut.

Menurut RMF FM, keamanan di infratsruktur penting tersebut dilaporkan telah ditingkatkan.

Baca Juga: Rusia Berencana Rekrut 400.000 Tentara Baru, Perang Ukraina Makin Panjang?

Banyak orang telah ditangkap dengan tuduhan mata-mata di Polandia beberapa tahun terakhir.

Bulan lalu, kejaksaan mendakwa warga Rusia, yang sudah lama tinggal di Polandia, dengan tuduhan mata-mata antara 2015 hingga 2022.

Pria tersebut, diduga terlibat dalam kelompok rekonstruksi sejarah, di mana ia membuat kontak dengan personel militer Polandia.

Ia ditangkap April lalu, menyusul investigasi yang menemukan ia dicurigai mengumpulkan informasi mengenai struktur organisasi unit militer Polandia di timur laut negara itu.



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x