Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pernah Diinvasi Rusia, Polandia Siap Jadi Negara NATO Pertama yang Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 04:45 WIB
pernah-diinvasi-rusia-polandia-siap-jadi-negara-nato-pertama-yang-kirim-jet-tempur-ke-ukraina
Ilustrasi MiG-29 Ukraina yang sudah sangat tua, ada sebelum Ukraina merdeka. Polandia menyatakan akan memberi bantuan selusin jet tempur warisan Uni Soviet ke Ukraina. (Sumber: Ukraina Pravda)
Penulis : Vyara Lestari

WARSAWA, KOMPAS.TV – Presiden Polandia Andrzej Duda menyatakan negaranya berencana memberi Ukraina selusin jet tempur MiG-29, Kamis (16/3/2023). Jika rencana ini terwujud, Polandia bakal menjadi negara NATO pertama yang memenuhi permintaan mendesak jet tempur pemerintah Ukraina. 

Melansir Associated Press, Duda menyebut Polandia akan menyerahkan empat pesawat tempur MiG-29 buatan Uni Soviet dalam beberapa hari ke depan. Sisanya akan diberikan menyusul kemudian, karena masih harus menjalani perawatan terlebih dahulu. Diperkirakan, pesawat tempur yang akan diberikan ke Ukraina akan berjumlah sekitar 11 hingga 19 unit.

“Pesawat-pesawat tempur itu berada dalam tahun-tahun akhir fungsi mereka, tapi masih dalam kondisi baik,” ujar Duda dalam konferensi pers gabungan bersama Presiden Ceko Petr Pavel di Warsawa, Kamis (16/3).

Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) menyambut Presiden Ceko Petr Pavel saat keduanya bertemu di Istana Kepresidenan di Warsawa, Polandia, Kamis (16/3/2023). (Sumber: AP Photo/Czarek Sokolowski)

Baca Juga: Serangan Rudal ke Polandia Terjadi di Tengah KTT G20 di Bali, Pakar Sebut Ada Disinformasi

Duda tak menyebut apakah negara lain akan menyusul melakukan langkah serupa, kendati Slovakia telah menyatakan akan mengirim jet tempur MiG miliknya yang tak terpakai ke Kiev.

Pada Rabu (15/3), juru bicara pemerintah Polandia Piotr Mueller menyebut sejumlah negara yang memiliki unit MiG juga telah berikrar akan memberikan jet tempur itu ke Kiev, namun ia tidak merincinya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sendiri telah memohon bantuan Barat untuk mengirimi jet tempur mereka. Namun, negara sekutu yang tergabung dalam NATO mengungkapkan kebimbangan mereka.

Sebelum Rusia melancarkan invasinya, Ukraina sebenarnya juga memiliki sekitar selusin jet tempur MiG warisan runtuhnya Uni Soviet. Namun, kini tak jelas berapa sisanya setelah perang selama setahun lebih.

Duda menyebut angkatan udara Polandia akan mengganti armada pesawat mereka yang diberikan untuk Ukraina dengan jet tempur FA-50 buatan Korea Selatan dan F-35 bikinan Amerika Serikat (AS).

Bulan lalu, Polandia juga menjadi negara NATO pertama yang  memberikan tank Leopard 2 buatan Jerman miliknya ke Ukraina.

Baca Juga: Polandia Akan Minta Izin Jerman Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Bikin Koalisi Pembantu Kiev

Polandia merupakan sekutu penting Kiev dalam krisis Rusia-Ukraina. Negara yang berbagi perbatasan barat Ukraina itu menampung ribuan tentara AS, pun lebih banyak pengungsi Ukraina ketimbang negara Eropa lainnya.

Meski jadi anggota NATO, Polandia telah mengalami invasi dan pendudukan tentara Rusia selama berabad-abad, dan masih cemas akan ancaman Rusia.


 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x