Kompas TV olahraga sepak bola

Cinta Indonesia, Bintang Persik Kediri Renan Silva Terang-terangan Minta Dinaturalisasi

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 17:16 WIB
cinta-indonesia-bintang-persik-kediri-renan-silva-terang-terangan-minta-dinaturalisasi
Bintang Persik Kediri, Renan Silva (kanan), menyatakan secara terang-terangan soal keinginannya dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.  (Sumber: Kompas.com/Suci Rahayu)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bintang Persik Kediri, Renan Silva, menyatakan secara terang-terangan soal keinginannya dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. 

Pemain asal Brasil itu baru saja membuat rekor di sepak bola Indonesia. Renan membukukan 100 penampilan di Liga Indonesia dalam pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2022-23 kontra Persebaya, Sabtu (18/3/2023) lalu. 

Dalam pertandingan tersebut, Renan menjadi penentu kemenangan 1-0 Persik atas Persebaya lewat eksekusi penaltinya di menit ke-80. 

Baca Juga: Soal Calon Naturalisasi Timnas U20 Justin Hubner, Indra Sjafri: Dia Masih Berkomitmen

Kemenangan itu juga membuat Macan Putih, julukan Persik, melanjutkan tren positif. Persik telah melewati lima pekan terakhir dengan selalu meraih tiga poin. 

"Tidak mudah untuk terus berada di Indonesia dalam jangka waktu yang lama dan sekarang saya bisa menuntaskan 100 pertandingan. Ini sangat penting bagi karier saya," ujar Renan, seperti dilansir Kompas.com, Senin (20/3). 

Sebagai informasi, Renan Silva memulai debutnya di Liga 1 pada Agustus 2018 silam. Kala itu, Renan datang ke Indonesia untuk membela Persija Jakarta. 

Pada musim pertamanya di Indonesia, Renan langsung merasakan gelar juara bersama Macan Kemayoran arahan Stefano Cugurra. 

Setelah membela Persija, Renan kemudian melanjutkan kariernya bersama Borneo FC, Bhayangkara FC, Madura United, dan saat ini Persik Kediri. 

Baca Juga: Justin Hubner Calon Pemain Naturalisasi Indonesia, Dipanggil Timnas U20 Belanda

Selain itu, Renan pernah ditahbiskan sebagai pemain terbaik Liga 1 2019. 

Selama 100 penampilan di kompetisi sepak bola teratas Indonesia, Renan telah membukukan total 28 gol dan 21 assist

Perjalanan panjang enam tahun di Tanah Air, membuatnya jatuh cinta dengan Indonesia. 

Bahkan Renan berharap dapat tinggal selamanya di Indonesia dan berharap bisa dinaturalisasi. 

"Saya pikir saya bisa bertahan lama di Indonesia dan saya berharap bisa mendapatkan naturalisasi," ujar pemain berposisi gelandang serang, tanpa ragu.

Baca Juga: Resmi Dinaturalisasi Jadi Warga Negara Indonesia, Sandy Walsh: Saya Sangat Bangga Menjadi WNI

"Saya ingin sampaikan kepada PSSI semoga bisa bantu saya untuk naturalisasi. Karena keluarga saya sudah beradaptasi bagus dan kami sangat mencintai Indonesia."

"Naturalisasi juga penting bagi saya karena saya ingin berkarier lebih lama lagi di Indonesia. Tidak cukup lima tahun tapi saya ingin selamanya di sini. Isi kepala saya sekarang penuh dengan Indonesia," pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.