Kompas TV regional berita daerah

Pangkas Rambut Menjadi Cara Menyambut Ramadhan

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 21:54 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Ada kebiasaan unik yang dilakukan masyarakat Aceh untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yaitu memangkas rambut  dan mencukur kumis, Selasa 21 Maret 2023.

Kebiasan memangkas rambut ini dilakukan jelang bulan suci Ramadhan. Warga ingin bersih dan rapi menyambut puasa. Rumah pangkaspun kebanjiran orderan. Biasanya satu hari hanya lima sampai sepuluh orang, kini meningkat hingga dua puluh orang.

Seperti di lokasi pangkas yang berada di sepanjang jalan Tuwanku Muhammad Daud Syah, Penayong, Banda Aceh, sejak pagi sudah mulai dipenuhi oleh warga untuk memangkas rambut.

Daerah itu memang terkenal sebagai salah satu pusat rumah pangkas di kota Banda Aceh yang ada sejak puluhan tahun lalu. Jelang Ramadhan, para pengunjung meningkat. Mereka memangkas rambut maupun mencukur kumis menjadi hal yang rutin dilakukan masyarakat Aceh terutama khusus dilakukan oleh kaum pria.

Para tukang pangkas pun meraup banyak keuntungan dari kondisi seperti ini. Penghasilan mereka bertambah hingga tiga kali lipat dari hari biasanya.

Ongkos jasa pangkas rambut itu pun beragam, anak-anak hanya dikenai biaya sebesar 15 ribu rupiah per orang, sedangkan orang dewasa dengan biaya 25 ribu rupiah per sekali pangkas.

Penulis: Nova misdayanti I Editor: Davi Abdullah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.