Kompas TV cerita ramadan panduan

Niat dan Tata Cara Salat Tarawih di Rumah dan Jamaah di Masjid, Lengkap dengan Doanya

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 10:37 WIB
niat-dan-tata-cara-salat-tarawih-di-rumah-dan-jamaah-di-masjid-lengkap-dengan-doanya
Ilustrasi salat tarawih, niat dan tata caranya. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebentar lagi, umat muslim akan melaksanakan salat tarawih, salah satu ibadah sunnah yang hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan.

Untuk pelaksanaan salat tarawih, menunggu keputusan Kementerian Agama (Kemenag) melalui sidang isbat penentuan awal Ramadan 1444 hijriah/2023 masehi, sore hari ini, Rabu (22/3/2023).

Adapun, organisasi islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 2023 jatuh pada Kamis (23/3/2023). Artinya mereka akan mulai melaksanakan salat tarawih pada Rabu (22/3) malam.

Hal itu berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.)/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah.

Hukum Salat Tarawih

Salat tarawih hukumnya sunah yakni apabila dilaksanakan mendapat pahala namun jika ditinggalkan tidak mendapat dosa.

Ibadah ini dilakukan selepas salat Isya dan sebelum salat Witir. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya, “Barang siapa melakukan shalat (Tarawih) pada Ramadan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Rakaat Salat Tarawih

Ada berbagai macam pendapat soal jumlah salat tarawih. Ada yang melaksanakannya dengan 8 rakaat, 12 rakaat dan 20 rakaat, dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Salat tarawih 20 rakaat + witir 3 rakaat dilakukan dengan cara 2 rakaat salam - 2 rakaat salam dst) dan witir sebanyak 3 rakaat dengan cara 2 rakaat salam ditambah 1 rakaat salam.
  • Salat tarawih 8 rakaat + witir 3 rakaat dilakukan dengan cara 4 rakaat salam - 4 rakaat salam dan witir sebanyak 3 rakaat sekaligus atau 2 rakaat salam + 2 + 2 + 2 dan witir sebanyak 3 rakaat sekaligus.

Salat tarawih lebih baik dilakukan dengan berjamaah di masjid dengan keutamaan mendapat pahala salat qiyamul lail satu malam penuh, sebagaimana dalam hadits dari Abu Dzar.

"Nabi SAW pernah mengumpul kan keluarga dan para sahabatnya, lalu bersabda "Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh" (HR. Ahmad).

Baca Juga: Link Live Streaming Pengumuman Awal Puasa dalam Sidang Isbat Ramadan 2023/1444 H

Namun, dalam hadis An-Nawawi, disebutkan salat Tarawih boleh dilaksanakan sendirian di rumah. Rasulullah SAW bersabda.

"Salat tarawih adalah sunah dengan sepakat ulama, boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah." (Al-Majmu, 4/31).

Para ulama lantas menegaskan salat Tarawih boleh dikerjakan sendiri, karena berjamaah bukan syarat sahnya salat tarawih.

Niat Salat Tarawih



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.