Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Volodymyr Zelenskyy Kunjungi Bakhmut yang Tengah Digempur Rusia, Pimpin Doa di Garis Depan

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 23:00 WIB
volodymyr-zelenskyy-kunjungi-bakhmut-yang-tengah-digempur-rusia-pimpin-doa-di-garis-depan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan rombongan saat mengunjungi Bakhmut, Rabu (22/3/2023). (Sumber: Twitter Iuliia Mendel)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy secara mendadak mengunjungi Bakhmut, Oblast (daerah setingkat provinsi) Donetsk, timur Ukraina pada Rabu (22/3/2023). Bakhmut adalah titik terpanas pertempuran Rusia-Ukraina beberapa bulan belakangan.

Kunjungan Zelenskyy tersebut dilakukan ketika Bakhmut tengah digempur Rusia. Dua pekan lalu, tentara bayaran Rusia, Wagner Group mengeklaim berhasil merebut sisi timur Bakhmut dan pertempuran jalanan terjadi di kota itu.

Baca Juga: AS Ngotot Tak Mau China Jadi Mediator Rusia-Ukraina: Mereka Tak Mungkin Imparsial

Menurut rilis Kantor Kepresidenan Ukraina, Zelenskyy menerima laporan operasi di garis depan dan jumlah korban dari garnisun Bakhmut. Zelenskyy juga memimpin upacara mengheningkan cipta untuk menghormati serdadu Ukraina yang gugur di medan tersebut.

Presiden Ukraina itu pun memberikan penghargaan bagi para tentara yang mempertahankan Bakhmut.

"Saya merasa terhormat berada di sini hari ini, di timur negara kita, di Donbass, dan memberi penghargaan ke para pahlawan kita, untu berterima kasih, untuk berjabat tangan," kata Zelenskyy dikutip The Guardian.

"Terima kasih telah melindungi negara, kedaulatan, wilayah timur Ukraina," lanjutnya.

Iuliia Mendel, mantan juru bicara Zelenskyy, membagikan video sang presiden yang disebut sedang mengunjungi sebuah lokasi dekat Bakhmut.

Per Rabu (22/3), intelijen Inggris Raya melaporkan bahwa Rusia mulai kehilangan momentum menggempur Bakhmut. Inggris mengeklaim unit-unit pasukan Rusia mulai dialokasikan ke sektor lain.

Baca Juga: Zelenskyy Girang usai Perintah Penangkapan Putin Keluar, Menyebutnya Keputusan Bersejarah


 



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.