Kompas TV regional agama

Bukan Kamis, Jemaah Aboge di Banyumas Mulai Puasa Ramadan Hari Jumat

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 22:37 WIB
bukan-kamis-jemaah-aboge-di-banyumas-mulai-puasa-ramadan-hari-jumat
Umat Islam pengikut Aboge bersalaman seusai salat Idul Adha di Masjid Saka Tunggal, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (13/8/2019) (Sumber: KOMPAS.com/Fadlan Mukhtar)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Jemaah Aboge yang berada di Banyumas, Jawa Tengah, baru akan memulai puasa Ramadan pada Jumat (24/2/2023) lusa. 

Aboge, yang merupakan singkatan dari Alif Rebo Wage, menjadikan perhitungan kalender Jawa sebagai penentu kapan jatuhnya 1 Ramadan bagi sebagian umat Islam di Banyumas. 

"Dari perhitungan Aboge, awal Ramadan jatuh pada Jumat Wage," kata Satibi, sesepuh pengikut Aboge di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/3/2023). 

Satibi menjelaskan, tahun 2023 bertepatan dengan tahun Jawa Ha atau He. 

Sesuai dengan perhitungan menggunakan rumus yang yang digunakan turun-temurun, awal tahun Ha atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Ahad Pon atau disingkat menjadi Hengadpon (Ha/He Ahad Pon).

"Untuk menghitung awal Ramadhan itu rumusnya Donemro (Romadon Enem Loro), yaitu hari ke enam dan pasaran kedua dari Ahad Pon. Maka awal Ramadan (jatuh) pada Jumat Wage," terang Satibi. 

Dalam kalender Aboge, setiap satu windu terdiri atas Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: Marhaban ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi Umat Islam

Aboge juga mengenal hari berdasarkan perhitungan kalender Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing.

Jemaah Aboge di Banyumas sendiri tersebar di beberapa wilayah seperti di Desa Cibangkong dan Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen.

Lalu ada pula jemaah Aboge yang berada di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, serta Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Sementara itu, pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3/2023) besok. 

"Kita bersepakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023" kata Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas seusai menggelar sidang isbat, Rabu (22/3/2023). 

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menerangkan, berdasarkan hasil pemantauan hilal atau bulan sabit di 124 titik, hilal telah mencapai ketinggian 7 derajat usai terbenamnya Matahari pada sekitar pukul 18.02 WIB di DKI Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Minta Acara Buka Puasa Bersama Pegawai hingga Pejabat Pemerintah Ditiadakan


 

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x