Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indo Barometer: Cawapres Jadi Penentu Pemenang Pilpres 2024

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 21:45 WIB
survei-indo-barometer-cawapres-jadi-penentu-pemenang-pilpres-2024
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengikuti acara Harlah NU di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur 7 Februari 2023. (Sumber: Tangkapan layar/Nadia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyebut posisi calon wakil presiden (cawapres) akan menjadi penentu pemenang Pilpres 2024. 

Menurut survei Indo Barometer, kata dia, tiga nama calon presiden (capres) teratas yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto, memiliki kekuatan yang relatif sama. 

"Kami membuat proyeksi hasil Pemilu 2024 berdasarkan hasil survei kami. Angkanya itu, Ganjar 36 persen, Prabowo 33 persen, Anies 30 persen. Semuanya kepala tiga," kata Qodari dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Kamis (23/3/2023).

"Jadi ibaratnya pemilih 100 persen itu dibagi rata. Sementara syarat untuk pemenangan presiden, suara harus di atas 50 persen."

"Jadi untuk memenangkan posisi satu, posisi dua, di putaran pertama, maupun memenangkan pilpres di putaran kedua - saya yakin pilpres dua putaran - itu posisi wakil presiden sangat menentukan," jelasnya. 

Bahkan Qodari juga menyebut 2024 adalah "pemilunya" wakil presiden karena kunci untuk memenangi pilpres ada di posisi cawapres. 

"Bahkan saya mau mengatakan begini, 2024 ini akan unik karena akan menjadi pemilunya wakil presiden karena saking ketatnya calon-calon presiden yang sudah ada. Maka dari itu, kuncinya ada di wakil presiden," ucapnya. 

Dalam survei yang dilakukan Indo Barometer, calon wakil presiden yang memiliki elektabilitas paling tinggi adalah Erick Thohir dengan 22,9 persen, disusul Khofifah Indar Parawarsa 15,8 persen. 

Baca Juga: Sufmi Dasco Ungkap Mekanisme Pemilihan Cawapres untuk Prabowo Subianto

Lalu ada nama Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, di angka 6,7 persen serta nama Ketua DPR RI Puan Maharani 6,3 persen. 

Qodari menjelaskan, Erick mempunyai elektabilitas tertinggi karena kinerjanya sebagai Menteri BUMN yang dinilai bagus oleh masyarakat. 

"Kalau yang kelihatan langsung dari hasil survei adalah penilaian kepada Pak Erick sebagai salah satu menteri terbaik atau memiliki kinerja yang baik di kabinet Pak Jokowi hari ini, di bawah Pak Prabowo," terang Qodari. 

"Walaupun menurut saya, Pak Erick ini sudah berproses di dalam ranah publik. Ketika misalnya menjadi Ketua Panitia Asian Games yang sukses secara prestasi dan penyelenggaraan."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.