Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Super Air Jet Alami Masalah Teknis Bikin Penumpang Kepanasan, Kemenhub Bakal Inspeksi

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 10:19 WIB
super-air-jet-alami-masalah-teknis-bikin-penumpang-kepanasan-kemenhub-bakal-inspeksi
Ilustrasi - Pesawat Super Air Jet rute Denpasar (DPS) menuju Jakarta (CGK) mengalami gangguan teknis pada Selasa (21/3/2023) lantaran sistem pendingin di kabin tidak berfungsi. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pesawat Super Air Jet rute Denpasar (DPS) menuju Jakarta (CGK) yang mengalami gangguan teknis pada Selasa (21/3/2023) lantaran sistem pendingin di kabin tidak berfungsi, membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menginspeksi lebih lanjut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni menjelaskan, dari informasi yang ia dapatkan, pesawat tersebut mengalami gangguan pada sistem pengatur tekanan udara di kabin sehingga membuat suhu udara di kabin pesawat tinggi.

“Akibatnya, penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan,” katanya lewat keterangan tertulis pada Kamis (23/3) malam, dikutip dari Antara.

Ia telah menginstruksikan direktorat terkait agar memberikan teguran kepada maskapai Super Air Jet atas permasalahan tersebut.

Ditjen Perhubungan Udara juga menginspeksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesawat tersebut aman untuk digunakan kembali.

Baca Juga: Viral Video Penumpang Menunggu di Pesawat 3 Jam, Super Air Jet Beri Penjelasan

Super Air Jet juga diminta untuk melakukan investigasi internal atas permasalahan tidak berfungsinya sistem pendingin kabin pesawat dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan agar permasalahan ini tidak terulang kembali.

Tak hanya itu, Super Air Jet diminta untuk membina personel penerbangan jika ditemukan melaksanakan tugas di luar standar operasional prosedur yang berlaku.

Kristi pun mengimbau, seluruh maskapai untuk terus meningkatkan pelayanan serta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Mengingat, sebentar lagi akan menghadapi periode angkutan udara Lebaran 2023 di mana mobilitas masyarakat sangat tinggi.

Adapun pada periode persiapan angkutan udara Lebaran tahun ini, pihaknya akan melakukan ramp inspection/inspeksi terhadap pesawat yang akan beroperasi melayani mudik lebaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x