Kompas TV internasional kompas dunia

Tornado Dahsyat Terjang Mississippi AS, 23 Tewas, Kota Kecil Lenyap, Pemburu Badai pun Ketakutan

Kompas.tv - 25 Maret 2023, 22:30 WIB
tornado-dahsyat-terjang-mississippi-as-23-tewas-kota-kecil-lenyap-pemburu-badai-pun-ketakutan
Tumpukan reruntuhan bangunan yang hancur di Rolling Fork, Mississippi, Amerika Serikat (AS), Sabtu (25/3/2023), usai tornado menghantam wilayah ini pada Jumat (24/3) malam. (Sumber: AP Photo/Rogelio Solis)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JACKSON, KOMPAS.TV - Tornado menyapu kawasan tenggara Amerika Serikat (AS) pada Jumat (24/3/2023) malam waktu setempat. Sapuan tornado yang kuat ini menewaskan setidaknya 23 orang di negara bagian Misssissippi.

Sapuan angin tornado dilaporkan menghancurkan puluhan bangunan di Mississippi. Wali kota sebuah kota kecil di negara bagian itu bahkan sampai menyebut bahwa kotanya telah "lenyap."

Baca Juga: Video Viral Tornado Dufan Berhenti, Manajemen Klarifikasi Terjadi 24 Desember 2022

Hingga berita ini diturunkan, Dinas Penanggulangan Bencana Mississippi mengaku masih menggelar operasi pencarian dan penyelamatan. Per Sabtu (25/3), selain 23 korban tewas, masih ada empat orang dinyatakan hilang dan puluhan terluka.

Tornado yang menyapu tenggara AS dilaporkan menerakan dampak parah di kota kecil Silver City dan Rolling Fork. Di Rolling Fork, badai menyebabkan rumah warga porak-poranda, mobil terbalik, dan pepohonan tercabut.

"Kota saya sudah lenyap. Namun, kami tabah dan ulet, dan kami akan kembali dengan lebih kuat," kata Wali Kota Rolling Fork Eldridge Walker kepada CNN via Associated Press.

Saking parahnya tornado, sejumah pemburu badai, orang-orang yang mencari badai untuk siaran live streaming, minta diselamatkan. Sebagian pemburu badai pun meninggalkan siaran langsung dan membantu warga yang terluka ke fasilitas medis terdekat.

Baca Juga: China Berhasil Damaikan Arab Saudi dan Iran, Amerika Serikat Ketar-ketir Pengaruhnya Pudar


 

 


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x